14 Tim Ramaikan ProLiga 2011 - Kompas.com

14 Tim Ramaikan ProLiga 2011

Kompas.com - 14/01/2011, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim seri kejuaraan bola voli ProLiga 2011 segera bergulir. Bertempat di sembilan kota, kejuaraan bola voli ini akan diikuti 14 tim putra-putri dan bergulir mulai 18 Februari-22 Mei 2011.

Direktur Kompetisi Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesi (PB PBVSI) Hanny Surkatty, Jumat (14/1/11), mengatakan, pada musim kompetisi 2010 seri kejuaraan bola voli bergulir di delapan kota mulai dari Gresik, Malang, Solo, Yogyakarta, Cirebon, Bandung, Jakarta, dan Palembang. Untuk musim 2011 kejuaraan bergulir di sembilan kota, yaitu di Semarang, Balikpapan, Surabaya, Gresik, Malang, Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

"Palembang tidak kita jadikan lokasi kejuaraan karena tengah dipersiapkan sebagai lokasi pertandingan bola voli SEA Games XXVI-2011," ujar Surkatty.

Untuk peserta, ujar Surkatty, jumlah pada 2011 lebih banyak empat tim dibandingkan jumlah peserta seri 2010. Tahun ini ada 14 tim, 7 tim putra dan 7 tim putri yang akan berlaga di musim kompetisi 2011, ujar Surkatty.

Tim putra bertambah dua tim, Jakarta Elektrik PLN dan Semarang Bank Jateng. Di sektor putri bertambah tim Bontang LNG Badak dan Bandung Alko.

Sementara pada 2010, 10 tim putra putri meramaikan kompetisi, yakni Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Palembang Bank Sumsel Babel, Bantul Yuso Gunadarma, dan Jakarta Sananta di kategori putra. Jakarta Elektrik PLN, Jakarta TNI AU, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BNI 46, dan Gresik Petrokimia di kategori putri.

Bertambahnya jumlah peserta, ujar Surkatty, hal itu bisa saja terjadi sebagai dampak positif berkembangnya cabang bola voli. Bahkan, bisa jadi ajang ini digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap pemain-pemain yang nantinya masuk dalam proyeksi timnas SEA Games 2011.

"Kenapa tidak?" ujar Surkatty.

Sementara sistem pertandingan yang digunakan sama seperti sistem di musim kompetisi sebelumnya. Tim-tim peserta akan terbagi dalam dua pul dan nantinya empat klub terbaik atau menempati empat teratas klasemen akhir, akan kembali bertarung di final four di Jakarta.

Musim kompetisi 2010, Jakarta BNI 46 menjadi pemenang di kategori putra-putri. Pada final yang berlangsung di Jakarta, 16 Mei 2010, tim putra yang di kapteni oleh Loudry Maspaitella sukses menundukkan juara bertahan Surabaya Samator. Sementara di sektor putri, klub asuhan Huang Mian Ceng tersebut mengalahkan Jakarta Elektrik PLN.


EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

Close Ads X