Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Hanya Perlu Perbaiki Motor

Kompas.com - 06/01/2011, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Ducati harus bekerja ekstra keras untuk membantu Valentino Rossi meraih kesuksesan pada MotoGP musim 2011 dalam debutnya bersama tim Italia tersebut. Meskipun demikian, "si Merah" menegaskan bahwa mereka tak perlu menjiplak apa yang pernah dilakukan Yamaha, ketika memberikan M1 kepada "The Doctor", sehingga bisa meraih sukses dalam musim perdananya.

Memang, Ducati memberikan kesan pertama yang kurang menggoda bagi Rossi. Bagaimana tidak, dalam sesi latihan post-season di Valencia pada awal November lalu, Desmocedici tunggangan pebalap berusia 31 tahun tersebut tak berdaya menghadapi para rivalnya. Alhasil, Rossi hanya mampu berada di peringkat 15.

Nah, atas hasil yang tak menggembirakan itu, muncul indikasi bahwa Ducati akan mengulangi apa yang pernah dilakukan Yamaha. Apalagi, sejumlah besar anggota tim mengikuti jejak Rossi untuk meninggalkan Yamaha dan bergabung dengan Ducati.

Namun manajer tim Vittoriano Guareschi menolak anggapan tersebut. Secara tegas dia mengatakan bahwa Ducati tak mendapat tekanan untuk mengubah filosofi tim mengenai desain motor mereka.

"(Para anggota tim baru dari Yamaha) baik-baik saja. Setelah bertahun-tahun di Yamaha, mereka mengapresiasi daya tarik dari merek kami," ujar Guareschi kepada La Gazzetta dello Sport.

"Jerry (bos kru Rossi) yakin. Secara keseluruhan, kami memang membutuhkan sebuah perbaikan pada motor, tetapi tak perlu meng-copy Yamaha.

"Kami sedang menuju arah untuk Valentino pada 2011.

"Ketika itu (ujicoba di Valencia), harus diakui bahwa kami seperti tidak punya harapan. Tetapi setelah melihat kondisi bahunya, kami merasa yakin. Motor kami memerlukan fisik yang kuat dan Valentino tidak cukup fit di Valencia."

Rossi, juara dunia sembilan kami balap motor, sudah menjalani operasi bahu. Juara dunia tujuh kali kelas premier ini akan melakukan debutnya dengan Ducati merah (saat latihan post-season di Valencia, Ducati yang ditunggangnya berwarna hitam) saat latihan resmi pra-musim di Sepang, Malaysia, 1-3 Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com