Taufik: Jangan Latah soal Garuda!

Kompas.com - 22/12/2010, 17:02 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pebulu tangkis senior Taufik Hidayat menganggap para pemain bulu tangkis Indonesia tidak perlu ikut-ikutan memajang simbol Garuda di kaus mereka.

Taufik menganggap akan terlalu membuang waktu meributkan apakah boleh menggunakan lambang-lambang negara di baju atlet setiap kali bertanding. "Susah untuk menentukan mana yang benar. Di satu pihak, penggunaan lambang Garuda sudah berlangsung lama, tetapi mereka yang kontra kan memang memiliki dasar untuk menggugatnya," kata Taufik di Solo saat acara Bulu Tangkis Peduli Merapi.

Seperti dikabarkan, penggunaan lambang Garuda di kostum timnas sepak bola Indonesia digugat karena dianggap melanggar undang-undang yang melarang penggunaan simbol-simbol negara tanpa izin.

Namun, Taufik tidak setuju apabila dikatakan bahwa penghilangan lambang itu dari kostum timnas akan meruntuhkan moril atau semangat bertanding para pemain. "Saya enggak tahu. Tetapi buat saya itu berlebihan. Sebagai seorang atlet, ia memiliki tujuan untuk menang, meski dengan mengenakan kostum apa pun."

Karena itulah, Taufik tidak setuju apabila para pemain bulu tangkis nasional mencantumkan lambang Garuda di kaus mereka setiap kali bertanding. "Tidak, di bulu tangkis tidak perlu. Yang penting itu semangat ingin menang dari pemain," kata Taufik.

Taufik Hidayat merupakan pemain berpengalaman yang kerap membawa nama Indonesia di pentas dunia. Ia pernah menjadi juara dunia, membantu Indonesia merebut Piala Thomas, dua kali merebut medali emas Asian Games (2002 dan 2006), dan puncaknya adalah meraih medali emas Olimpiade di Athena pada 2004.

Masing mengenai lambang Garuda, mantan pemain bulu tangkis, Susy Susanti, juga menganggap penggunaan lambang Garuda di kaus pemain bukan sesuatu yang perlu diributkan. "Di bulu tangkis memang tidak ada kebiasaan mencantumkan lambang Garuda. Biasanya kita memakai lambang Merah Putih dengan pin Garuda yang kecil," katanya kepada Kompas.com.

Menurut Susy, adanya lambang-lambang itu di kaus pertandingan memang memiliki pengaruh. "Seharusnya kita jadi merasa bertanggung jawab agar permainan kita menjadi baik. Namun di sisi lain, simbol ini juga bisa memberatkan karena ada semacam tuntutan untuk menang...."



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X