Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkirkan Rival, Kido/Hendra ke Final

Kompas.com - 11/12/2010, 16:12 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Ganda putra terbaik Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, melangkah ke final Hongkong Terbuka Super Series. Tiket itu mereka peroleh, setelah menang dua game 21-19, 23-21 atas rival terberatnya dari Korea Selatan, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, dalam laga di Stadion Queen Elizabeth, Sabtu (11/12/10).

Dengan demikian, Kido/Hendra berhasil mengatasi musuh bebuyutannya tersebut dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, mantan pasangan Pelatnas Cipayung tersebut juga menyingkirkan Jung/Lee di semifinal Asian Games XVI 2010 akhir bulan lalu, sebelum mereka menyabet medali emas bagi Indonesia. Dan, hasil ini juga membuat Kido/Hendra bisa membuat skor pertemuannya dengan Jung/Lee menjadi 4-4.

Kido/Hendra, yang ditempatkan sebagai unggulan kedua, mengawali laga berdurasi 37 menit ini dengan sangat meyakinkan. Di game pertama, mereka langsung meninggalkan lawannya tersebut dengan 10-3. Tetapi pasangan Korea ini bisa menyusul dan menyamakan kedudukan menjadi 11-11, membuat laga semakin menegangkan. Beruntung, mental juara yang dimiliki peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini membuat mereka bisa keluar dari tekanan, sehingga menyudahi game pembuka ini dengan 21-19.

Di game kedua, Jung/Lee bermain lebih baik dan kerab memimpin perolehan poin. Pasangan unggulan ketiga, yang terkenal dengan pertahanan kokoh ini pun merapatkan barisan, sehingga Kido/Hendra sulit melakukan serangan dengan sempurna.

Merasa sulit menembus pertahanan lawan, Kido dan Hendra bermain lebih taktis dengan lebih banyak melakukan drive dan drop shot. Taktik dan strategi ini memberikan hasil yang memuaskan, karena mereka bisa mengejar, bahkan berbalik memimpin dalam kedudukan 18-15. Meskipun Jung/Lee bisa mengejar dan memaksa deuce, pasangan Indonesia ini akhirnya meraih tiket ke final setelah shuttlecock dari drive Jung gagal menyeberangi net, membuat skor jadi 23-21.

Minggu (12/12/10) yang menjadi final turnamen berhadiah 250.000 dollar AS ini, Kido/Hendra akan bertemu pemenang antara unggulan 6 dari Korea Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong vs Howard Bach/Tony Gunawan (Amerika Serikat). Duel semifinal kedua ini baru akan berlangsung mulai pukul 18.30 waktu setempat, termasuk laga Taufik Hidayat vs Chen Long.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com