Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Emas, Sinta Fokus di Kelas 69Kg

Kompas.com - 27/11/2010, 22:01 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Usai meraih medali perak di Asian Games XVI 2010 Guangzhou, China, lifter asal Bali Niluh Sinta Darmariani akan fokus di kelas 69 Kilogram pada SEA Games 2011.

"Spesialisasi Sinta sebenarnya di kelas 75 kg, namun dengan strategi jitu, manajer tim Sonny Kasiran menurunkan di kelas 69 kg yang membuahkan medali perak di Asian Games XVI," ujar Sekjen PB PABBSI Alamsyah Wijaya di Jakarta, Sabtu (27/11/10).

Atas prestasi yang memuaskan itu, kata Alamsyah, Sinta tetap difokuskan di kelas 69 kg saat turun di SEA Games di Jakarta tahun depan. Harapannya, medali perak yang diraih di Asian Games 2010 bisa menjadi emas SEA Games.

Melalui prestasi yang diukir di Guangzhou, Sinta tampil sebagai yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Medali emas diraih lifter asal China, Liu Cunhong, dengan angkatan total 242 kg. Sinta yang menempati posisi kedua membuat total angkatan 238 kg, dan perunggu diraih Wang Ya Jhen dari Taiwan dengan total 133 kg.

Memantau hasil akhir pertandingan kelas 69 kg, menurut Alamsyah, sudah jelas bahwa lifter dari kawasan Asia Tenggara seharusnya dapat dikalahkan oleh Sinta di SEA Games 2011 untuk meraih emas.

Kendati Sinta kini terbaik di kawasan Asia Tenggara, Sinta tetap memerlukan latihan keras agar prestasinya konsisten. Alamsyah mengatakan, persaingan atlet di cabang angkat besi memang bisa dipantau dari jauh hari sesuai dengan rekor yang dihasilkan. Namun bila tidak diasah dalam latihan, dikhawatirkan mengalami penurunan drastis saat tampil dalam pertandingan.

Atlet yang turun dalam pertandingan, tuturnya, harus memiliki konsentrasi penuh bila ingin mengukir prestasi maksimal. Sebaliknya prestasi bisa kandas karena pengaruh mental atau psikologi, baik pribadi maupun penguasaan diri ketika turun dalam pertandingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com