Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hajar AS, Italia Pertahankan Piala Fed

Kompas.com - 08/11/2010, 09:34 WIB

SAN DIEGO, KOMPAS.com — Tim Piala Fed Italia mempertahankan supremasi tenis putri dunia dengan menggulung tuan rumah AS, 3-1, pada babak final, Minggu (7/11/2010).

Kepastian kemenangan Italia ditentukan pada partai tunggal keempat saat Flavia Pennetta mengalahkan pemain muda berusia 18 tahun, Coco Vandeweghe, 6-1, 6-2. Dalam pertandingan final, AS tidak diperkuat Williams bersaudara yang tengah berkutat dengan cedera.

Satu-satunya kemenangan AS diraih pemain muda lainnya, Melanie Oudin, saat mengalahkan juara Perancis Terbuka, Francesca Schiavone, dengan 6-3, 6-1.

Oudin yang sebenarnya dipersiapkan untuk bermain ganda terpaksa dimainkan karena petenis utama AS, Betthanie Mattek-Sands, mengalami kejang otot kaki. Oudin (19) justru tampil mengejutkan dan mampu mendominasi Schiavone yang telah berusia 30 tahun.

Oudin mengaku termotivasi tampil bagus setelah mendapat dukungan dari legenda tenis, Billie Jean King. King mendatangi kubu AS sebelum pertandingan, memberi semangat Oudin sambil menepuk punggungnya. "Saya mendagar dia berteriak," kata Oudin. "Saya bermain untuk diri saya sendiri, buat tim dan seluruh rakyat Amerika."

Namun, Italia kemudian memastikan kemenangan lewat Pennetta. Ini gelar juara ketiga buat Italia dalam lima tahun terakhir. Tahun lalu, mereka menggulung AS, 4-0, pada babak final.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com