Rossi Fantastis, Lorenzo Juara Dunia - Kompas.com

Rossi Fantastis, Lorenzo Juara Dunia

Kompas.com - 10/10/2010, 15:41 WIB

SEPANG, Kompas.com - Jorge Lorenzo menyegel gelar juara dunia MotoGP 2010 setelah finis ketiga di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (10/10/10). Sementara itu, Valentino Rossi tampil fantastis untuk memenangi balapan ini, setelah bertarung ketat dengan Andrea Dovizioso dan Lorenzo.

Bagi Lorenzo, finis ketiga ini sudah jauh dari cukup untuk meraih gelar pertamanya di MotoGP. Dengan tambahan 16 poin di Sepang, pebalap Spanyol ini mengumpulkan total 313 poin, dan tak mungkin terkejar lagi oleh rival terdekat yang juga kompatriotnya, Dani Pedrosa, yang kemungkinan baru bisa tampil di Phillip Island, Australia, pekan depan--Pedrosa kecelakaan saat latihan di Sirkuit Motegi, Jepang, pekan lalu, sehingga sudah absen di dua seri, termasuk di Sepang.

Sebenarnya, pekerjaan Lorenzo untuk mengamankan gelar juara dunia, sangat mudah. Pebalap Fiat Yamaha ini, yang start dari pole position, cukup finis paling buruk di urutan sembilan. Tetapi, mantan dua kali juara dunia kelas 250cc ini tampil cukup ngotot, dan akhirnya finis ketiga.

Namun secara keseluruhan, balapan di Sepang ini menjadi panggung aksi dari Rossi. "The Doctor" menunjukkan kepiawaiannya menunggang "kuda besi", karena setelah tercecer ke urutan 11 (start dari urutan 6), juara dunia tujuh kali kelas premier ini melibas semua lawannya, termasuk duel seru melawan Dovizioso di lap ke-15.

Hasil bagus juga ditunjukkan Ben Spies. Pebalap Tech 3 Yamaha, yang musim depan menggantikan posisi Rossi di tim pabrikan Yamaha--untuk jadi tandem Lorenzo--mampu finis di urutan empat, setelah memenangi duel sesama rookie MotoGP 2010 melawan Alvaro Bautista yang finis di urutan lima, serta Marco Simoncelli. Jalannya balapan

Ketika lampu merah padam, para pebalap menggeber motornya. Lorenzo melakukan start dengan sempurna karena berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemegang pole. Tetapi pebalap Spanyol ini mendapat tekanan keras dari pebalap Repsol Honda Andrea Dovizioso dan duo Ducati, Casey Stoner dan Nicky Hayden.

Start buruk justru dilakukan Rossi karena pebalap berusia 31 tahun ini langsung melorot lima strip, sehingga berada di posisi 11. Berbeda dengan Simoncelli, yang justru melejit ke urutan lima (dari posisi 11), dan selanjutnya bisa melibas Hayden.

Sayang, pertarungan menjadi kurang seru ketika Stoner harus lebih awal meninggalkan balapan. Ketika sedang bertarung di barisan depan, pebalap Australia ini malah jatuh sebelum menikung ke kiri. Juara dunia 2007 ini hanya mampu bertahan satu lap.

Tanpa Stoner, pertarungan di lintasan tetap menarik karena Rossi mulai merangsek ke depan. Memasuki lap kedua, Rossi, yang musim depan sudah membela Ducati, berhasil menempatkan diri di posisi lima besar. Sedangkan di posisi terdepan, Lorenzo terus mendapat perlawanan ketat dari Dovizioso, yang tepat berada di belakangnya.

Rossi tak perlu waktu lama untuk maju ke barisan depan. Hanya butuh tiga lap bagi peraih sembilan gelar juara dunia balap motor ini untuk melewati Simoncelli, dan mulai mengancam Dovizioso, apalagi di lap kelima dia berhasil melakukan fastest lap.

Pada lap kedelapan, Dovizioso berhasil melewati Lorenzo. Tekanan yang terus diberikan pebalap Italia ini membuat Lorenzo akhirnya membuat sebuah kesalahan saat menikung ke kanan, karena dia terlalu melebar, sehingga Dovizioso yang menempelnya dari sisi dalam dengan mudah menyodok.

Berselang satu lap, giliran Rossi yang mengalahkan Lorenzo. Fastest lap yang terus ditorehnya membuat "The Doctor" nyaris tak pernah memberikan "ruang bernafas" bagi rekan setimnya tersebut, sehingga saat menikung ke kiri, Rossi, yang melakukan pengereman keras, langsung mengambil dari sisi dalam. Rossi pun mengambilalih posisi Lorenzo, dan bertarung dengan Dovizioso untuk memperebutkan podium nomor satu.

Lap ke-10, Rossi menyempurnakan aksinya di hadapan lebih dari 64.000 penonton di Sirkuit Sepang, dengan melewati Dovizioso. Kehebatannya melewati lawan di tikungan kembali ditunjukkannya karena dengan halus dia mendahului Dovizioso. Para pendukungnya yang memadati sirkuit pun memberikan tepuk tangan meriah, menyambut aksi pahlawan mereka.

Sementara itu di barisan kedua, tiga rookie MotoGP, Simoncelli, Spies dan Bautista, bertarung memperebutkan posisi empat. Pada lap ke-13, mereka berduel sangat rapat sebelum Spiers akhirnya mengambil dari sisi dalam saat menikung ke kiri, untuk melewati Simoncelli, dan berhasil mewujudkan tekadnya untuk masuk posisi lima besar dalam balapan di Sepang.

Kembali ke barisan depan, pada lap 15, Dovizioso kembali mengambilalih pimpinan lomba setelah melewati Rossi yang terlalu keras melakukan pengereman. Lorenzo pun langsung mendekat. Tetapi Rossi lagi-lagi menunjukkan kelasnya sebagai raja balap motor, karena di tikungan berikutnya, dia merampas lagi posisi pertama dari Dovizioso.

Setelah itu, Rossi tak tersentuh lagi. Meskipun Dovizioso sempat memberikan ancaman di tikungan terakhir menjelang masuk garis finis, tetapi Rossi tak terpengaruh sehingga berhasil menyentuh garis finis di depan lawannya tersebut, dan disusul Lorenzo.

- Hasil MotoGP di Sepang, Minggu (10/10/10)

Pos  Rider                      Team                   Time/Gap 1.  Valentino Rossi      Yamaha                   41m03.448s 2.  Andrea Dovizioso   Honda                     + 0.224s 3.  Jorge Lorenzo        Yamaha                   + 6.035s 4.  Ben Spies               Tech 3 Yamaha       + 13.676s 5.  Alvaro Bautista       Suzuki                     + 15.402s 6.  Nicky Hayden         Ducati                     + 18.826s 7.  Hiroshi Aoyama      Interwetten Honda   + 20.218s 8.  Marco Simoncelli     Gresini Honda         + 23.574s 9.  Marco Melandri       Gresini Honda         + 23.964s 10.  Randy de Puniet     LCR Honda            + 31.850s 11.  Hector Barbera      Aspar Ducati          + 38.579s 12.  Mika Kallio            Pramac Ducati        + 38.849s

Retirements:

Colin Edwards     Tech 3 Yamaha      9 laps Aleix Espargaro   Pramac Ducati       6 laps Loris Capirossi   Suzuki                      4 laps Casey Stoner      Ducati                     0 laps

- Klasemen sementara pebalap

Pos.    Rider                          Bike        Nation    Points 1    Jorge LORENZO         Yamaha       SPA       313 2    Dani PEDROSA           Honda         SPA       228 3    Valentino ROSSI           Yamaha      ITA        181 4    Casey STONER            Ducati        AUS       180 5    Andrea DOVIZIOSO     Honda        ITA        179 6    Ben SPIES                     Yamaha     USA       152 7    Nicky HAYDEN            Ducati       USA        139 8    Randy DE PUNIET        Honda       FRA         94 9    Marco SIMONCELLI     Honda       ITA          92 10    Marco MELANDRI      Honda       ITA          86 11    Colin EDWARDS          Yamaha    USA         81 12    Hector BARBERA        Ducati       SPA         74 13    Alvaro BAUTISTA        Suzuki       SPA         69 14    Aleix ESPARGARO       Ducati      SPA         52 15    Hiroshi AOYAMA          Honda      JPN         44 16    Loris CAPIROSSI           Suzuki      ITA          41 17    Mika KALLIO                Ducati      FIN          38 18    Alex DE ANGELIS         Honda      RSM        11 19    Roger Lee HAYDEN      Honda      USA         5 20    Kousuke AKIYOSHI       Honda      JPN          4 21    Wataru YOSHIKAWA    Yamaha   JPN          1


EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

Close Ads X