Lorenzo Fokus Amankan Gelar di Sepang

Kompas.com - 05/10/2010, 17:32 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com — Jorge Lorenzo mengatakan, dia sepenuhnya fokus untuk mengamankan gelar juara dunia MotoGP 2010 pada akhir pekan ini di Malaysia. Untuk itu, pebalap Fiat Yamaha tersebut tetap dengan targetnya untuk bisa meraih kemenangan atau minimal kembali naik podium di Sirkuit Sepang.

Lorenzo saat ini unggul 69 poin atas rival terdekatnya, Dani Pedrosa, yang kemungkinan besar absen pada balapan akhir pekan ini. Pedrosa cedera tulang selangka akibat kecelakaan saat latihan di Sirkuit Motegi, Jepang, akhir pekan lalu.

Dengan demikian, pekerjaan Lorenzo untuk merengkuh gelar juara dunia menjadi sangat ringan. Mantan dua kali juara dunia kelas 250cc ini hanya perlu menuai minimal enam poin atau paling buruk finis di posisi ke-10 untuk membuat sejarah dalam kariernya, gelar pertama di ajang MotoGP.

"Semua yang saya pikirkan sekarang adalah mengenai hari Minggu dan jika saya bisa memenangi gelar juara dunia... Itu adalah salah satu mimpi dalam hidupku dan sangat menyenangkan bila terjadi di Sepang," ujar Lorenzo.

"Saya senang Malaysia dan saya sudah menghabiskan banyak kilometer di sana dengan motor M1-ku, plus saya memiliki kenangan yang indah ketika memenangi gelar kelas 250 cc pada 2007."

"Treknya panjang dan modern, tetapi cuacanya mungkin bisa menjadi persoalan karena terlalu panas dan juga hujan bisa menimbulkan masalah lain. Tahun lalu agak buruk karena hujan dan kemudian saya harus start dari posisi terakhir."

"Saya sebenarnya lebih suka balapan kering pada tahun ini. Tim dan saya akan fokus seperti sepanjang musim ini, bekerja keras dari hari Jumat, dan dengan tujuan utama naik podium atau meraih kemenangan. Kami berharap bisa meraih hasil bagus."

Optimisme juga muncul dalam diri rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi. Setelah berhasil naik podium di nomor ketiga di Jepang, "The Doctor" kini menatap GP Malaysia meskipun kondisi fisiknya belum pulih 100 persen akibat gangguan cedera bahu.

"Jepang sangat menyenangkan bagi kami, dan saya merasa dalam kondisi yang baik untuk bertarung di depan, selama semua sesi, dan juga saat balapan," ujar pebalap berusia 31 tahun asal Italia yang musim depan akan membela Ducati. "Saya tidak tahu bagaimana kondisi bahu saya sampai melakukan start di Sepang. Namun, trek ini termasuk salah satu dari dua atau tiga trek favoritku di dunia, dan saya selalu senang pergi ke sana," tambah Rossi, yang sudah pasti gagal mempertahankan gelar juara MotoGP, yang dia raih dalam dua musim terakhir.

"Kami kuat di sana pada latihan musim dingin, meskipun banyak yang sudah berubah sejak itu. Kami juga membuat sejumlah perubahan terhadap motor saat tampil di Jepang. Oleh karena itu, saya berharap kami bisa berada dalam form yang sama selama akhir pekan ini."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.