India Tolak Visa bagi Tim Voli Pakistan

Kompas.com - 14/09/2010, 20:44 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

ISLAMABAD, Kompas.com — Kedutaan India di Islamabad menolak untuk memberikan visa kepada tim bola voli Pakistan yang dijadwalkan mengambil bagian dalam satu pertandingan regional, kata para pejabat, Selasa (14/9/2010).

Tim Pakistan itu dijadwalkan ikut serta dalam pertandingan bola voli Asia Tengah di kota Kolkata, India, pada 16-20 September, kata Sekretaris Federasi Bola voli Pakistan, Mayor (purnawirawan) Muhammad Afzal. Komisi Tinggi India belum bisa dihubungi untuk mengomentari masalah tersebut.

Afzal mengatakan, federasi itu telah mengajukan visa pada 3 September lalu dan Komisi Tinggi India mengatakan, visa tidak dapat dikeluarkan bagi pertandingan bola voli.

Ia mengatakan belum ada alasan penolakan dan federasi telah melakukan pendekatan kepada pemerintah untuk campur tangan masalah tersebut.

Warga, terutama anggota keluarga yang terpisah di Pakistan dan India, sering menyampaikan komplain mengenai penundaan pemberian visa akibat perselisihan hubungan antara kedua negara itu.

Para olahragawan dan wartawan juga sering terhambat oleh percekcokan politik, kendati berbagai forum pertemuan telah meminta pengertian untuk memberi kemudahan bagi pemberian visa semacam itu.

"Itu sangat menyedihkan karena visa bagi tim bola voli kami telah ditolak hanya dua hari menjelang pertandingan itu dimulai," kata Afzal.

"Kami telah membuat persiapan dan berharap dapat ambil bagian dalam pertandingan itu," katanya.

Menurut dia, penundaan kunjungan ke India akan berdampak pada program pelatihan tim untuk menghadapi Asian Games ke-16 di Guangzhou, China, pada 12 hingga 27 November.

Afzal mengatakan, Pakistan telah menerima undangan dari India untuk ambil bagian dalam pertandingan itu dan federasi telah memutuskan untuk mengirim tim ke sana untuk ikut pertandingan bergengsi tingkat regional itu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X