Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Buka Jalan ke F1 Bersama Ferrari?

Kompas.com - 17/08/2010, 20:31 WIB

BRNO, Kompas.com - Keputusan Valentino Rossi untuk meninggalkan Yamaha dan bergabung dengan Ducati pada MotoGP 2011, memunculkan sebuah kabar baru. Menurut pandangan ayah pebalap Italia tersebut, Graziano Rossi, Rossi bakal semakin dekat dengan sebuah karier baru sebagai pengendara mobil Formula 1 (F1) bersama tim Ferrari.

Akhir pekan lalu di GP Republik Ceko, Rossi memastikan masa depannya. Usai balapan di Sirkuit Brno, Minggu (15/8/10), "The Doctor" secara resmi menyatakan bahwa musim ini menjadi kerja sama terakhirnya bersama Yamaha, karena tahun depan dia sudah berbaju Ducati.

Hanya saja, sekarang muncul spekulasi baru. Kepindahannya ke Ducati hanya menjadi sebuah batu loncatan untuk beralih ke balapan roda empat. Rossi ditengarai akan memperkuat raksasa F1, Ferrari.

Bukan kabar baru jika Rossi dihubung-hubungkan dengan si "Kuda Jingkrak". Presiden Ferrari Luca di Montezemolo pernah secara gamblang menyatakan ketertarikannya untuk menggaet Rossi, dan memberikan mobil ketiga kepada juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut. Karena itu, di Montezemolo sangat agresif melancarkan kampanye agar tim-tim besar di F1 boleh diberi tambahan satu mobil lagi di lintasan balapan.

Jika rencana itu benar, maka bukan perkara yang rumit bagi Rossi untuk mengendarai "Scuderia". Pasalnya, Ferrari dan Ducati memiliki sponsor yang sama, yaitu Marlboro, dan mereka selalu punya acara pre-season rutin bersama media di arena ski Madonna di Campiglio. Apalagi CEO Ducati Gabriele del Torchio, juga menyatakan bahwa opsi tersebut terbuka setelah Rossi menyelesaikan kontrak dua tahun bersama timnya di ajang MotoGP.

"Valentino belum bisa berhenti dari motor," ujar Rossi Snr--mantan pebalap GP dan kelas 250cc pada akhir 1970-an dan awal 1980-an--kepada Sky Sport. "Tetapi jika dalam tiga atau empat tahun mendatang dia akan pindah ke F1, maka lebih baik dia pindah ke Ducati? Ini tampaknya sebuah langkah besar."

Mobil F1, khususnya Ferrari, bukan sebuah barang baru bagi Rossi. Pasalnya, dia sudah beberapa kali mencoba mobil F1 "Kuda Jingkrak" itu, dan pernah membuat catatan waktu yang mengagumkan. Inilah yang membuat Ferrari tertarik untuk menggaetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com