Dewi Safitri Sumbang Medali Pertama - Kompas.com

Dewi Safitri Sumbang Medali Pertama

Kompas.com - 16/08/2010, 20:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lifter puteri, Dewi Safitri berhasil menyumbang medali pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade Remaja (YOG) 2010. Dewi yang turun untuk kelas 53 kg puteri pada babak final, Senin (16/8/2010) di Toa Payoh Sports Hall, Singapura menempati peringkat ketiga dan membawa pulang medali perunggu.

Untuk angkatan snatch, Dewi mencatat 71 kg, kemudian clean and jerk 100 kg sehingga total angkatannya mencapai 171 kg. Torehan prestasi ini ternyata disambut antusias oleh Chef de Mission YOG, Ade Lukman. Seperti yang diberitakan sebelumnya, 14 atlet remaja Indonesia yang tergabung dalam kontingen YOG memang tidak dibebani target medali dalam kejuaraan ini.

Ade yang dihubungi selepas memantau langsung jalannya pertandingan, Senin (16/8/2010) mengaku puas dengan hasil kerja keras Dewi dan Pelatihnya, Sodikin. "Ini sangat membanggakan, Dewi yang semula berada dalam waiting list ternyata bisa meraih medali perunggu. Semua ini tentu saja berkat kerja keras pelatih dan Dewi sejak babak kualifikasi," ungkap Ade.

Ia juga menilai pencapaian ini sekaligus menjadi tolak ukur bahwa lifter puteri kita saat ini cukup kompetitif untuk bersaing dengan lifter-lifter junior yang menduduki peringkat dunia. "Jelas Dewi sangat qualified. Ia masih bisa kompetitif melawan lifter lainnya yang secara peringkat jauh di atasnya," lanjutnya.

Untuk kelas 53 kg puteri, medali emas diraih lifter asal Bulgaria, Boyanka Kostova dengan total angkatan 192 kg (snatch 85 kg dan clean and jerk 107 kg). Lifter asal Taiwan, Hsing-Chun Kuo menyusul di peringkat kedua dengan perolehan medali perak untuk total angkatan 174 kg (snatch 77 kg dan clean and jerk 97 kg).

Sayangnya, kesuksesan Dewi gagal diikuti rekannya Zainudin di kelas 62 kg putera. Lifter yang lolos kualifikasi berdasarkan kejurnas di GOR Ragunan ini hanya menempati peringkat kelima dengan total angkatan 239 (snatch 107 kg dan clean and jerk 132 kg). Medali emas untuk kelas ini berhasil diraih lifter Korea Utara, Kim Song Chol dengan total angkatan 257 kg. Sementara medali perak dan perunggu dibawa pulang Jose Mena dan (Kolombia) dan Emre Buyukunlu (Turki) dengan total angkatan masing-masing 247 kg dan 246 kg.


EditorTri Wahono

Close Ads X