IOC Tawarkan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Kompas.com - 15/08/2010, 13:20 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

 JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia mendapat kesempatan berharga untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Remaja (Youth Olimpic Games) 2018. 

Hal tersebut tercetus langsung dari pernyataan Presiden IOC Jacques Rogge kepada Ketua KONI Pusat Indonesia Rita Subowo di sela-sela acara tatap muka di Istana Kepresidenan di Singapura.

Rogge menawarkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Oimpiade Remaja 2018 "Jika berminat silakan ajukan proposal pasti akan kami respons. Saya yakin negara Anda bisa," ungkap Rogge ketika berbincang dengan Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo.

Acara tatap muka di istana kepresidenan itu sendiri merupakan bagian dari kegiatan Olimpiade Remaja Pertama. Sebanyak 205 Presiden NOC masing-masing negara dan anggota IOC dijamu oleh Presiden Singapura SR Nathan.

Namun, Rita sedikit pesimistis jika hal itu dapat terwujud. Pasalnya, Olimpiade Remaja II tahun 2014 sudah diagendakan akan dilangsungkan di kawasan benua Asia di Nanjing, China. "Prediksi Saya tidak akan mungkin terjadi Olimpiade Remaja akan berlangsung tiga kali berturut-turut di kawasan Asia," Kata Rita Subowo kepada wartawan.

Meskipun demikian, Rita Subowo mengaku sangat menghargai tawaran yang diberikan oleh Presiden IOC Jacques Rogge tersebut. "Kami sangat menghargai tawaran yang diberikan langsung oleh Jacques Rogge," ungkap Rita.

Dalam kesempatan tersebut Rita Subowo menyatakan rasa salut dan bangga atas penyelenggaraan Olimpiade Remaja Pertama di Singapura ini. Meski tergolong sederhana, Singapura tergolong sukses mampu menghadirkan 205 negara yang ikut berpartisipasi di ajang olimpiade remaja pertama ini. "Infrastruktur mereka memang sudah lengkap, Pemerintah dan masyarakatnya pun ikut mendukung penuh penyelenggaraan ini," tutur Rita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Pimpinan Rombongan Indonesia, Ade Lukman, menyatakan, saat ini kontingen Indonesia sudah berada di perkampung atlet. "Semua anggota kontingen dan atlet yang berjumlah 54 orang dalam keadaas sehat," papar Ade Lukman. Indonesia baru akan mengawali pertandingan di Olimpiade Remaja I pada hari Minggu (15/8/2010) di cabang bulu tangkis, tenis lapangan, dan Renang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.