Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendayung Selama 43 Hari

Kompas.com - 01/08/2010, 09:02 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah tim dayung Inggris beranggotakan 4 orang memecahkan rekor berusia 114 tahun dengan melintasi Samudra Atlantik selama 43 hari.

Perjalanan panjang menempuh jarak dari New York hingga kepulaun Scilly di Inggris ini berlangusng selama 43 hari 21 jam 26 menit dan 48 detik. Mereka lebih cepat 11 hari dari rekor lama yang dicatat oleh dua nelayan Norwegia, George Harbo dan Frank Samuelsen, yang ditorehkan pada 1896.

"Ini merupakan hari yang paling menakjubkan. Kami sangat gembira bisa berada di sini," kata salah satu anggota tim, Leven Brown, dari Edinburgh, Inggris. "Perjalanan yang sangat berat. Pada akhrinya semua keberhasilan ini bergantung kepada empat orang."

Tim dayung Artemis North Atlantic ini terdiri dari Brown, Ray Carroll dari Galway, Irlandia, Don Lennox (41) dari Glasgow, dan Livar Nysted dari Kepulauan Faroe.

Perjalanan panjang ini berlangsung sangat berat. Awak kapal harus menghadapi ombak setinggi 10 meter dan arus berkekuatan 65 kilometer per jam. Sementara itu, para awak kapal juga sempat mengalami keracunan makanan. Leven bahkan harus melakukan operasi terhadap jari kaki Ray yang mengalami infeksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com