Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Juara, Schiavone Catat Sejarah

Kompas.com - 05/06/2010, 23:07 WIB

PARIS, Kompas.com - Francesca Schiavone menjadi petenis wanita pertama dari Italia, yang memenangi gelar sebuah event grand slam. Petenis berusia 29 tahun ini mencatat rekor tersebut usai menjuarai Perancis Terbuka, berkat kemenangan dua set langsung 6-4, 7-6(7/2) atas petenis Australia Samantha Stosur di final, Sabtu (5/6/10).

Ya, sepanjang catatan sejarah dunia tenis Italia, sejak era Open, mereka tidak memiliki pemain putri yang bisa menjadi jawara di grand slam, turnamen tenis paling bergengsi. Tapi sekarang, Schiavone telah menghapus catatan buruk itu, setelah dia mengangkat trofi di Roland Garros, yang diiring lagu kebangsaan Italia.

Dengan demikian, sekarang Italia telah memiliki dua nama dalam buku sejarah tenisnya. Karena sebelumnya, negeri Pizza ini sudah mempunyai seorang petenis putra, Adriano Panatta, yang juga pernah menjuarai Perancis Terbuka pada tahun 1976. Artinya, hanya Panatta dan Schiavone yang masuk buku rekor negaranya.

Di sisi lain, Schiavone, yang juga menjadi satu dari empat pemain di luar unggulan 10 besar yang menjadi juara Perancis Terbuka setelah Margaret Scriven pada 1933, menunda lagi penantian Australia untuk memiliki seorang juara di arena grand slam. Padahal, Stosur yang difavoritkan menjadi juara di Roland Garros tahun ini, sempat menguak harapan Negeri Kanguru yang sudah menunggu selama 30 tahun untuk memiliki seorang juara grand slam, setelah Evonne Goolagong memenangi Wimbledon 1980.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com