Pertahankan Kelas Bisnis KA Bandung

Kompas.com - 21/04/2010, 14:23 WIB
Editorksp

BANDUNG, KOMPAS.com — Indonesian Railway Watch meminta PT Kereta Api mempertahankan kereta kelas bisnis jurusan Bandung-Jakarta karena masih dibutuhkan untuk penumpang segmen menengah menyusul rencana likuidasi KA Parahyangan mulai 27 April 2010.

"Pelanggan segmen kelas bisnis Bandung-Jakarta masih ada. Mereka harus diakomodasi dan saya kira bisa diupayakan dalam rangkaian KA Argo Gede nantinya," kata Ketua Pembina Indonesian Railway Watch (IRW) Taufik Hidayat di Bandung.

Menurut Taufik, PT KA tidak boleh melakukan perubahan secara drastis di koridor Bandung-Jakarta dengan melikuidasi KA Parahyangan yang mempunyai enam jadwal pemberangkatan. Meski demikian, Taufik mengapresiasi upaya PT KA dalam mempertahankan KA Parahyangan mulai dari pemberlakuan diskon dan peningkatan pelayanan.

Namun, menurut Taufik, upaya tersebut belum cukup untuk meningkatkan okupansi penumpang KA Parahyangan yang saat ini hanya di bawah 50 persen. "Masyarakat masih membutuhkan kelas bisnis di jalur itu," kata Taufik.

Rangkaian KA Parahyangan sendiri akan dialihkan ke jalur Bandung-Malang dengan merek dagang baru KA Malabar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X