Irene Menang, Susanto Kandas

Kompas.com - 14/04/2010, 21:21 WIB
Editorlou

JAKARTA, KOMPAS.com - Grandmaster Wanita (GMW) Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, sukses mencetak kemenangan di babak pertama JAPFA Chess Festival (JCF). Irene menaklukkan Grandmaster India, Tania Schadev, Rabu (14/3/2010).

Bertempat di gedung piramid KONI Pusat Jakarta, pecatur cantik asal India ini harus tunduk ditangan Irene dalam waktu 4,5 jam.

"Sebenarnya Tania pemain kuat, tapi sayangnya dia melakukan kesalahan di menit-menit terakhir. Dari situ saya mulai menetralisir dan di satu setengah menit terakhir akhirnya saya mulai berpikir untuk mematikan dia dan menang," ungkap Irene selepas pertandingan.

Lewat kemenangan ini, Irene sukses meraih satu poin pertama di JPC. Ini merupakan bekal yang baik bagi untuk menghadapi Tania di tiga babak terakhir.

Sayangnya, kesuksesan Irene gagal diikuti rekannya, Grandmaster Susanto Megaranto. Susanto yang bermain dengan pion hitam harus menelan pil pahit akibat kalah dari Grandmaster asal Georgia, Mikheil Mchedlishvili.

Ditemui selepas pertandingan, Susanto mengaku telah salah mengambil langkah pembukaan. "Saya salah saat mengambil langkah ke 12 di B6. Sedari awal memang sudah salah jadi kelanjutannya susah," ungkapnya.

Jelang pertandingan babak kedua, Ia pun mengaku akan melakukan persiapan lebih terutama di bagian pembukaan.

"Dia (Mikheil Mchedlishvili) bermain dengan gaya position. Jadi kadang-kadang bermain pelan dan kadang juga liar. Untuk besok, saya coba jangan bikin kesalahan di pembukaan," papar Susanto.

Sementara menurut Kepala Bidang Prestasi (Kabid) PB Percasi, Kristianus Liem berdasarkan hasil babak pertama, ia meramalkan ke depannya turnamen ini akan berlangsung ketat.

"Melihat babak pertama, pertandingan sepertinya berlangsung alot terutama Irene dan Tania karena keduanya menunjukan permainan yang kuat. Tetapi untuk Soesanto agaknya sulit. Dia (Soesanto) kurang bertualang, padahal lawannya sangat kuat. Seharusnya dia bisa bermain lebih solid agar hasil 5 babak yang tersisa bisa maksimal," ungkap Kris.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X