Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Asuhan Rexy Mainaky ke Final

Kompas.com - 21/03/2010, 00:26 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Ganda putra nomor satu dunia asal Malaysia, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong, melaju ke final Swiss Terbuka Super Series. Anak asuhan pelatih asal Indonesia Rexy Mainaky ini lolos setelah menang straight set 21-13, 28-26 atas finalis All England Mathias Boe/Carsten Mogensen, Sabtu (20/3/10) malam waktu setempat atau Minggu (21/3/10) dinihari WIB di Jakobshalle, Basel.

Hasil ini bisa menjadi hiburan bagi peraih gelar Malaysia Terbuka Super Series tersebut, yang pekan lalu tampil buruk di All England. Di final, Koo/Tan akan menghadapi pemenang antara pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dengan pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong.

Koo/Tan mengawali duel berdurasi 41 menit ini dengan sangat meyakinkan karena langsung meninggalkan lawannya yang merupakan unggulan keempat itu dengan 7-1. Boe/Mogensen berusaha bangkit, tetapi pasangan Denmark tersebut sudah terlambat untuk mengejar Koo/Tan yang menyudahi set ini dengan 21-13.

Pada set kedua, pertarungan berlangsung ketat karena terjadi kejar-mengejar angka. Tetapi selepas kedudukan 13-13, Koo/Tan unggul jauh berkat raihan empat poin secara beruntun untuk memimpin 17-13.

Ternyata, tak mudah bagi unggulan pertama itu untuk menambah empat poin sehingga memenangkan laga tersebut. Malah, Boe/Mogensen bisa mengejar dan memaksa deuce sampai 26-26. Pada angka kritis ini, Koo/Tan berhasil menambah dua poin lagi untuk menang 28-26, sekaligus menyegel tiket ke final turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini.

Wang Shixian akhiri kejutan pemain Rusia

Pada sektor tunggal putri, unggulan enam asal China Wang Shixian mengakhiri perjalanan pemain Rusia Ella Diehl. Dalam pertarungan selama 39 menit, Wang tampil impresif sehingga menang straight set 21-13, 21-10 atas pemain jangkung tersebut, yang membuat kejutan di turnamen ini.

Ya, Diehl menghadirkan dua kejutan untuk menapaki semifinal Swiss Terbuka. Di babak pertama, pemain "tak ternama" ini lebih dulu menyingkirkan pemain Indonesia Maria Febe Kusumastuti. Setelah itu, di perempat final dia menang dua set langsung 22-20, 21-15 atas unggulan keempat dari China Lu Lan.

Kemenangan Wang ini, semakin membuka harapan bagi China untuk meraih gelar di sektor tunggal putri. Dia akan menunggu pemenang duel antara kompatriotnya yang merupakan unggulan kedua, Jiang Yanjiao, dengan pemain non-unggulan asal Korsel Bae Youn Joo. Yanjiao sangat difavoritkan untuk memenangkan duel ini, sehingga bakal terjadi all-Chinese final.

Selain tunggal putri, China juga meloloskan satu wakil di sektor tunggal putra. Unggulan ketiga Chen Jin, tak terlalu kesulitan untuk mengalahkan kompatriotnya, Du Pengyu, dengan straight set 21-15, 21-6. Di final, Chen Jin akan menghadapi pemenang antara unggulan kedelapan yang merupakan kompatriotnya, Chen Long, dengan pemain veteran Denmark Peter Hoeg Gade (unggulan 5).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com