Hujan, GP Qatar Bakal Tertunda Sehari Lagi

Kompas.com - 18/03/2010, 17:26 WIB
Editorlou

LOSAIL, KOMPAS.com — Seri pembuka MotoGP 2010 di Losail, Qatar, bakal berlangsung pada Senin (12/4/2010) malam jika hujan kembali mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan. Menurut rencana, balapan GP Qatar ini seharusnya berlangsung pada Minggu malam. Namun, panitia sudah mengantisipasi kemungkinan terburuk jika terjadi hujan.

Hal tersebut merupakan pelajaran yang diambil dari kejadian tahun lalu. Waktu itu, lomba MotoGP terpaksa dilakukan keesokan harinya karena hujan deras mengguyur lintasan.

Memang, para pebalap tak mau mengambil risiko jika terjadi hujan saat balapan malam hari. Pasalnya, kondisi tersebut sangat riskan menimbulkan kecelakaan. Faktor penglihatan menjadi persoalan utama karena ada pembiasan cahaya ketika terjadi hujan. Latihan atau membalap dalam kondisi hujan dilarang di Losail International Circuit.

Masih ada beberapa pertemuan sebelum memutuskan balapan akan dilangsungkan pada Senin malam. Akan tetapi, manajemen Losail International Circuit siap memberikan kontribusi terhadap biaya tambahan yang pastinya akan muncul ketika balapan harus tertunda satu hari lagi.

Tahun lalu, balapan MotoGP yang tertunda memberikan efek berantai. Pasalnya, jadwal ratusan penerbangan berubah, demikian juga dengan pemesanan hotel dan penyewaan mobil.

Jika balapan akhirnya harus tertunda seperti tahun lalu, maka hanya kelas MotoGP yang akan dipentaskan pada Senin malam. Jadi, jika hujan mengganggu jadwal balapan kelas 125cc dan Moto2 pada 11 April, maka dua kelas tersebut tidak akan ditunda sampai Senin malam alias dinyatakan tidak ada pertandingan.

Di GP Qatar ini, pebalap Ducati, Casey Stoner, menjadi raja pada tiga tahun terakhir. Kini, pebalap Australia itu mengincar kemenangan keempat secara beruntun pada seri pembuka tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X