China Gagal di Ganda Campuran, tapi Pastikan Dua Gelar

Kompas.com - 07/03/2010, 01:11 WIB
Editorlou

JAKARTA, Kompas.com - Pasangan gado-gado Robert Blair (Inggris)/Imogen Bankier (Skotlandia) meruntuhkan tembok China di nomor ganda campuran turnamen bulu tangkis Jerman Terbuka Grand Prix. Pada partai semifinal di RWE-Sporthalle, Sabtu (6/3/10), Blair/Bankier menaklukkan unggulan keempat Tao Jiaming/Zhang Yawen dengan straight set 21-17, 21-19.

Dengan demikian, "Negeri Tirai Bambu" tersebut gagal menempatkan wakilnya di sektor ganda campuran pada final turnamen berhadiah 80.000 dollar AS tersebut. Pasalnya, Tao/Zhang merupakan satu-satunya pasangan China di babak empat besar.

Pada partai puncak, Minggu (7/3), Blair/Bankier akan menghadapi Yohan Hadikusumo Wiratama/Tse Ying Suet. Pasangan Hongkong tersebut lolos setelah dengan mudah menang dua set langsun g 21-12, 21-16 atas pemain Inggris Robin Middleton/Mariana Agathangelou.

Sebelumnya, China juga kehilangan pemain andalannya di turnamen ini, Wang Lin, yang merupakan unggulan pertama. Finalis Indonesia Terbuka Super Series 2009 tersebut dijegal oleh unggulan ketiga asal Jerman Juliane Schenk, dalam bertarungan selama 55 menit, yang berkesudahan 17-21, 21-15, 21-16.

Meskipun demikian, China masih punya peluang untuk merengkuh empat gelar di Jerman Terbuka Grand Prix ini. Pasalnya, selain ganda campuran, mereka memiliki wakil yang akan tampil di final.

Malah, untuk sektor tunggal putra dan ganda putri, raksasa bulu tangkis dunia ini sudah pasti meraih gelar karena terjadi all-Chinese final. Di nomor tunggal putra, China menyikat semua wakil Malaysia ketika unggulan utama Bao Chunlai menang 21-18, 21-13 atas Wong Choong Hann (unggulan 3), serta unggulan dua Chen Long membekap Muhammad Hafiz Hashim (unggulan 8) juga dengan straight set 21-15, 21-19.

Sementara itu untuk ganda putri, China menunjukkan mereka masih yang terbaik di muka bumi ini. Pasangan unggulan pertama Ma Jin/Wang Xiaoli menang dua set langsung 21-13, 21-11 atas unggulan ketiga dari Taiwan Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin, dan maju ke final untuk bertemu dengan unggulan kedua Cheng Shu/Zhao Yunlei, yang juga tak kesulitan menang 21-12, 21-10 atas unggulan keempat dari Rusia Valeria Sorokina/Nina Vislova.

Pada sektor ganda putra, pasangan China unggulan kelima Chai Baio/Zhang Nan akan menghadapi unggulan kedua dari Taiwan Chen Hung Lin/Lin Yu Lang. Chai Baio/Zhang Nan menang 21-18, 21-11 atas unggulan delapan dari Taiwan Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu, sedangkan Chen/Lin taklukkan pasangan Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama/Wong Wai Hong dengan 21-14, 21-18.

Di sektor tunggal putri, China menguak harapan untuk merengkuh gelar dari Wang Xin. Unggulan kedua ini lolos setelah menang 21-15, 21-14 atas pemain Hongkong Chan Tsz Ka, dan akan menghadapi penakluk rekannya, Schenk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.