Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Thomas Raih Tiket Final

Kompas.com - 27/02/2010, 04:05 WIB

Nakhon Ratchasima, Kompas - Indonesia mendapatkan tiket ke putaran final Piala Thomas di Kuala Lumpur, Malaysia, setelah memastikan tempat di final pada babak kualifikasi Zona Asia. Indonesia menang 3-0 atas Jepang di babak semifinal yang digelar di Kompleks Olahraga Nakhon Ratchasima, Thailand, Jumat (26/2) malam.

Di final, Indonesia akan menghadapi Korea Selatan, yang mengalahkan India 3-1. Manajer Tim Thomas Indonesia Yacob Rusdianto mengatakan, Indonesia harus juara agar dapat menjadi unggulan pada putaran final di Malaysia. ”Kemenangan di partai final juga akan menjadi modal kepercayaan diri tim,” kata dia.

Meski menang 3-0, Indonesia mendapat perlawanan yang cukup sengit dari Jepang. Tunggal pertama Taufik Hidayat dipaksa bermain tiga game oleh Tago Kenichi. Pemain yang memiliki tipe permainan yang hampir sama dengan Taufik ini bermain cukup cerdik. Kenichi bermain dengan drive yang cepat dan tidak pernah memberi kesempatan bagi Taufik untuk melakukan smes meloncat.

”Saya sudah mencoba memancing dia dengan menempatkan bola di depan net dan ke belakang lapangan, tetapi selalu dikembalikan dengan bola drive. Akhirnya, saya hanya bermain sabar untuk mendapatkan peluang,” kata Taufik.

Game pertama menjadi milik Taufik dengan keunggulan 21-16. Namun, pada game kedua, Kenichi bermain lebih taktis untuk mengambil kemenangan 21-23. Pada game terakhir Taufik sem- pat tertinggal, sebelum menyamakan kedudukan dan menutup pertandingan 21-18.

Pada partai kedua pasangan Markis Kido/Alvent Yulianto juga main cukup ketat untuk mengalahkan pasangan Hashimoto Hirokatsu/Hirata Noriyasu. Kedua pasangan susul-menyusul angka sebelum pasangan Indonesia unggul 21-17. Pada game kedua permainan tetap ketat meski akhirnya Markis/Alvent menang 21-19.

Tunggal kedua Indonesia, Sony Dwi Kuncoro, akhirnya menjadi penentu kemenangan Indonesia, dengan menumbangkan Sasaki Sho 21-18 21-11.

Permainan net dan penempatan bola Sony sempat mudah dibaca lawan. Namun, ia bisa menemukan irama dan menyelesaikan set pertama dengan kemenangan. Di game kedua perjuangan Sony tak terlalu susah karena sudah mendominasi pertandingan.

Tanpa beban

Tim Uber Indonesia, yang tidak diunggulkan menang atas Korea Selatan, justru tampil tanpa beban. Tim Merah Putih menang 4-1, memastikan sebagai juara Grup X.

”Saya rasa kunci kemenangan kita karena anak-anak tampil tanpa beban. Mereka juga makin percaya diri setelah sehari sebelumnya mengalahkan Thailand,” kata Manajer Tim Uber Indonesia Djendjen Djaenanasri.

(Gatot Widakdo,dari Nakhon Ratchasima, Thailand)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com