Inilah Rekor-rekor Rossi

Kompas.com - 26/10/2009, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi baru saja merengkuh gelar ketujuhnya di ajang MotoGP meskipun hanya finis di urutan tiga di Sepang, Malaysia, Minggu (25/10). Gelar tersebut membuat "The Doctor" meraih gelar kesembilannya di tiga kelas berbeda balapan motor ini.

Memang, dengan gelar ini Rossi belum memecahkan rekor sepanjang masa di semua kategori balapan motor yang dimulai tahun 1949. Tetapi, kesuksesan tersebut sudah membuat pebalap berusia 30 tahun ini menjadi pebalap top dengan rekor fantastis.

Daftar rekor Rossi sepanjang kariernya hingga sekarang:

- Rossi telah mencetak sejarah sebagai pebalap yang paling banyak menang di kelas 500cc/MotoGP, dengan 77 kemenangan.

- Rossi naik podium sebanyak 163 kali di semua kelas yang pernah digelutinya. Dia tercatat sebagai pebalap yang paling banyak melakukannya.

- Rossi menyamakan rekor pole position sepanjang masa milik Mick Doohan di ajang MotoGP. Ini dia lakukan ketika meraihnya di kualifikasi GP Malaysia, Sabtu (24/10).

- Rossi menjadi pebalap tersukses bersama Yamaha, karena 44 kali meraih kemenangan bersama motor Jepang ini.

- Rossi menjadi satu-satunya pebalap yang paling sedikit meraih satu kemenangan di tiap seri, dalam 14 musim berturut-turut.

- Rossi tidak pernah absen di setiap seri balapan motor ini sejak debutnya di kelas 125cc di Shah Alam, Malaysia, pada Maret 1996. Dia telah mencatat 226 kali start secara berturut-turut di semua kelas yang pernah digelutinya; dan 166 kali di antaranya di kelas premier. Torehannya ini merupakan rekor sepanjang masa.

- Rossi dan Giacomo Agostino merupakan dua pebalap tersukses, karena bisa meraih gelar juara dunia di kelas premier, dengan motor bermesin dua-tak, dan juga empat-tak.

- Rossi meraih 373 poin ketika menjadi juara dunia MotoGP 2008. Sepanjang sejarah, ini merupakan perolehan tertinggi selama satu musim.

- Rossi merupakan satu-satunya pebalap yang meraih gelar juara dunia kelas premier dengan empat tipe motor yang berbeda, yaitu: Honda dua-tak 500cc, Honda empat-tak 990cc, Yamaha empat-tak 990cc dan Yamaha empat-tak 800cc.

- Rossi meraih kemenangan pada pembukaan musim 2004 di Afrika Selatan. Ini menjadikannya sebagai pebalap pertama yang meraih kemenangan berturut-turut di kelas premier dengan motor yang berbeda (Honda, dan setelah itu Yamaha).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Editorlou

Terkini Lainnya


Close Ads X