Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harting Juara Cakram

Kompas.com - 21/08/2009, 04:21 WIB

Berlin, Rabu - Robert Harting (24), atlet lempar cakram Jerman asal Cottbus, Brandenburg, akhirnya mampu meraih medali emas pertamanya setelah pada hari kelima Kejuaraan Dunia Atletik 2009 Berlin, Rabu (19/8) di Stadion Olimpiade, mengungguli lawan-lawannya.

Harting mengetahui bahwa dia berhak menjadi juara setelah selesai melakukan lemparan keenam, yang merupakan lemparan terakhirnya. Lemparan itu mencapai 69,43 meter, disaksikan 40.000 pasang mata yang memadati Stadion Olimpiade, home base Hertha Berlin.

Robert Harting yang pada Kejuaraan Dunia 2007 di Osaka, Jepang, hanya meraih medali perak langsung mendekati penonton, untuk kemudian merobek kaus yang digunakan, disusul dengan mengacungkan bendera Jerman.

”Untuk hasil lemparan terakhir tadi, saya harus mengucapkan terima kasih kepada para penonton,” ujar Harting, yang baru tahu bahwa lemparannya jauh lebih baik daripada lemparan Piotr Malachowski yang pada kesempatan kelima sudah mencapai 97,15 meter.

”Sungguh mereka (para pendukung) sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari teriakan mereka yang keluar dari isi hatinya. Dukungan itulah yang mampu mendorong saya membuat lemparan terbaik tersebut,” kata Harting, yang menjadi atlet Jerman kedua yang mempersembahkan medali emas setelah sebelumnya dari nomor lempar lembing putri atas nama Steffi Nerius.

Baik rekor dunia lempar cakram putra maupun putri saat ini masih atas nama atlet Jerman, Jürgen Schult (74,08 meter) serta

Gabriele Reinsch (76,80 meter). Kedua rekor dunia tersebut dibuat di Neubrandenburg, Jerman, tahun 1986.

Selain meraih medali perak, hasil lemparan cakram Malachowski juga merupakan pemecahan rekor nasional Polandia.

Adapun medali perunggu diraih Gard Kanter, atlet Estonia, yang memiliki lemparan terbaik mencapai 66,88 meter dari enam kesempatan.

Sementara itu, di nomor 100 meter lari gawang putri, Brigitte Foster-Hylton (34), atlet veteran dari Jamaika, keluar sebagai juara setelah melesat dengan waktu 12,51 detik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com