Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernard Korban Peraturan Baju Renang

Kompas.com - 22/06/2009, 22:51 WIB

PARIS, Kompas.com - Rekor dunia 100 meter gaya bebas putera yang digenggam perenang Perancis, Alain Bernard dibatalkan FINA karena melanggar peraturan mengenai baju renang.

Bernard yang merupakan peraih medali emas olimpiade Beijing lalu memncetak rekor 100 meter gaya bebas dengan catatan waktu 46.95 detik. Ia menjadi manusia pertama yang mampu berenang di bawah 47 detik untuk nomor tersebut.

Bernard mencatat rekor baru tersebut pada April dan lebih cepat 0.11 detik daripada rekor lama atas nama perenang Australia, Eamon Sullivan.

FINA menyebut pembatalan dilakukan karena Bernard mencatat rekor tersebut saat berlomba dengan menggunakan pakaian renang "X-Glide" produk Arena yang bahannya mengandung polyurethane. Senin pagi, FINA baru saja mengesahkan daftar baju renang yang dianggap dapat memberi keuntungan buat para penggunanya saat berpacu di dalam air.

Sementara perenang Frederic Bousquet harus menunggu hasil dari pemeriskaan anti-doping saat ia memecahkan rekor 50 meter gaya bebas. Bousquet juga menggunakan baju renang kontroversial "Jaked 01" yang juga mengandung polyurethane saat  memecahkan rekor Sullivan di nomor 50 meter gaya bebas. Ia memperbaiki waktu dari 21.28 detik menjadi 20.94 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com