Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spekulasi Mengejutkan! Ferrari Masuk, McLaren dan Brawn GP Tidak

Kompas.com - 12/06/2009, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai sekarang, publik pecinta balap mobil Formula 1 (F1) sedang menanti dengan cemas daftar kontestan musim 2010 yang akan dikeluarkan Federasi Otomobil Internasional (FIA) pada Jumat (12/6) ini. Pasalnya, ada sekitar 10 tim baru yang telah menyatakan diri siap bergabung untuk balapan musim baru, di samping 10 tim yang sedang bersaing saat ini.

Padahal, hanya 13 tempat yang disediakan. Artinya, bakal ada persaingan yang ketat dan keras untuk masuk daftar tim. Meskipun demikian, pemilik Williams Patrick Head mengatakan bahwa F1 perlu kehadiran tim-tim baru agar balapan paling bergengsi ini tetap "sehat".

"Selalu menyehatkan jika F1 didatangi tim-tim baru. F1 memang identik dengan teknologi tinggi, sehingga jika ada tim yang punya kapabilitas untuk berkompetisi maka mereka boleh bergabung," ungkap Head kepada BBC Oxford.

Memang, saat deadline bagi tim-tim calon kontenstan untuk mendaftarkan diri pada 29 Mei lalu, ada 10 yang menyatakan siap dengan asumsi bahwa musim depan FIA menggunakan aturan budget cap. Mereka adalah Prodrive, Lola, Team US F1, Campos Meta1, March, Team Superfund, Lotus-Litespeed GP, N.Technology, Formtech-Brabham dan Epsilon Euskadi.

Menurut Head, tim-tim baru tersebut mungkin dipandang sebelah mata. Tetapi ada juga yang sudah berpengalaman seperti Prodrive milik Dave Richards, sehingga mereka bakal membuat persaingan semakin seru.

"Mereka (Prodrive) sangat berpengalaman untuk motorsport. Karena itu, jika Prodrive juga ikut maka saya yakin mereka akan melakukan sesuatu yang bagus," tambahnya.

Ferrari masuk, McLaren dan Brawn keluar

Di tengah kecemasan tim mana saja yang bakal masuk daftar musim 2010, ada spekulasi yang mengejutkan dari media Inggris tentang tim-tim yang sedang eksis. Dikabarkan bahwa Ferrari yang dengan tegas menolak rencana budget cap yang dilontarkan FIA justru masuk daftar, tetapi McLaren dan Brawn GP tidak.

"Dimengerti bahwa mereka (FIA) akan memasukkan nama Ferrari, Red Bull dan Toro Rossi. Williams dan Force India juga bakal masuk daftar," demikian klaim Daily Mail. (PLNF1)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com