Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Fani Damayanti Menang

Kompas.com - 07/05/2009, 08:23 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Ayu Fani Damayanti, petenis tunggal putri Indonesia, membukukan kemenangan awal babak utama turnamen Wali Kota Tarakan Open 2009 di Tarakan, Kalimantan Timur, Rabu (6/5). Kemenangan ini menjadikan dirinya sebagai petenis putri Indonesia kedua yang maju ke babak selanjutnya setelah Jessy Rompies yang meraih kemenangan pada Selasa kemarin.

Ayu Fani Damayanti meraih keberhasilan itu setelah mengalahkan pemain dari Jepang, Ai Yamamoto, dengan kedudukan 6-4 dan 6-3. Dengan kemenangan ini, juara Bankaltim Open 2009 ini akan berhadapan dengan Stefania Boffa dari Switzerland di turnamen lanjutan International Tennis Federation Womens Circuit tersebut.

Sementara itu, Cynthia Melita gagal mengikuti jejak Ayu Fani karena kalah dari petenis Jepang lainnya, Kaori Onishi, dengan skor 6-4, 1-6, dan 1-6. Kekalahan juga dialami petenis putri Indonesia, Laili Rahmawati Ulfa, saat melawan Tadeja Majeric dari Slovania dengan angka 0-6 dan 5-7. Sebelumnya, tiga tunggal putri Indonesia, yakni Lavinia Tananta, Beatrice Gumulya, dan Dian Anggraini juga kalah.

Yang mengejutkan, petenis putri dari Hongkong, Zi Jun Yang, berhasil menumbangkan unggulan pertama di turnamen berhadiah 10.000 dollar AS ini, Emily Webley Smith, dengan hasil 0-6, 6-1, dan 6-3. Kejutan lainnya juga diperlihatkan petenis Jerman, Sarah Rebecca Sekulic, yang menyingkirkan ungkulan keempat, Ling Zhang, dari Hongkong dengan skor 6-0 dan 6-4. Namun, pemain Inggris, Anna Pitzpatrick, tersungkur dikalahkan Erika Sema, petenis putri Jepang, dengan kedudukan 6-1, 6-1, dan 6-4.

Untuk unggulan ketiga kejuaraan ini, Vivian Segnini, dari Brasil berhasil mengalahkan Sung Hee Han dari Korea dengan kedudukan 7-6 dan 6-4. Sementara itu, pemain Korea lainnya, Kun Hee Kim, berhasil menundukkan Sophia Mulsap dari Thailand dengan angka 6-4 dan 6-2.

Tiga petenis putri dari China, Jie Hao, Ran Tian, dan Yi Yang, juga berhasil melaju ke babak berikutnya. Jie Hao berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Wanrong Li, dengan hasil 6-4 dan 6-4. Ran Tian meraih kemenangan setelah memukul Jia Jing Lu yang juga dari Negara Tirai Bambu dengan skor 6-4 dan 7-5.

Adapun Yi Ya ng berhasil menyingkirkan pemain Jepang, Yurina Koshino, dengan kedudukan 6-3 dan 6-3. Sementara itu, satu-satunya petenis putri dari India, Isha Lakhani, juga memenangi pertandingan setelah mengalahkan Anna Livadaru dari Jerman dengan angka 6-4, 1-6 dan 6-2.

Ke semifinal

Di ganda putri, Indonesia hanya menempatkan pasangan Beatriece Gumulya dan Jessy Rompies pada babak semifinal. Keberhasilan ini setelah keduanya mampu menghentikan permainan petenis ganda China, Jie Hao dan Jun Yi Zheng, dengan skor 7-5 dan 6-4. Di semifinal, Beatrice dan Jessy akan berhadapan dengan Reka Luca Jani dari Hongaria dan Jia Jing Lu dari China.

Jani dan Lu maju ke semifinal setelah menahan ganda Indonesia, Cynthia Melita dan Laili Rahmawati Ulfa, dengan kedudukan 6-3 dan 6-3. Unggulan kedua, Yurina Koshino dan Erika Sema, dari Jepang juga melaju ke semifinal setelah mengalahkan pasangan dari Hongkong, Zi Jun Yang dan Ling Zhang, dengan skor 7-6, 2-6, dan 10-3. Selanjutnya, Koshino dan Sema akan menjajal kemampuan Jia Xiang dan Yi Yang dari China yang menumbangkan ganda dari Thailand, Sophia Mulsap dan Kanyapat Narattana, dengan angka 4-6, 6-1, dan 10-8.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com