Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner: Podium di Spanyol Lebih Bagus dari Juara di Qatar

Kompas.com - 04/05/2009, 17:01 WIB

JEREZ, KOMPAS.com - Casey Stoner tak mampu menjadi nomor satu di GP Spanyol pada hari Minggu (3/5). Meskipun demikian, pebalap Ducati tersebut merasa sangat gembira karena bisa menempati peringkat tiga, lebih dari yang dirasakannya saat menjuarai seri pembuka musim 2009 di GP Qatar.

Apa yang membuat pebalap asal Australia itu bahagia? Ternyata, ini adalah untuk pertama kalinya Stoner naik podium di GP Spanyol, dari semua balapan yang pernah diikutinya, baik di kelas 250cc maupun MotoGP (sejak 2006). Tak heran jika Stoner mengatakan bahwa hasil di Sirkuit Jerez lebih baik daripada raihannya di Sirkuit Losail, Qatar.

"Kebahagiaan di sini lebih besar dari pada kemenangan di Qatar. Ini benar-benar hari yang indah bagi kami karena tim telah berusaha keras untuk mendapatkan motor yang baik dan hasil yang diraih cukup bagus. Kami akhirnya bisa naik podium," ungkap Stoner.

Meskipun demikian, masih ada isu tentang penggunaan ban depan yang kurang tepat pada balapan tersebut. Ini yang membuat Stoner gagal bersaing dengan Valentino Rossi, bahkan dia nyaris dilewati oleh Jorge Lorenzo yang akhirnya jatuh saat balapan tersisa tiga lap.

"Kami masih berjudi dengan settingan untuk balapan kering, serta membuat motor tetap bagus untuk balapan dan nyaman. Pada awal balapan, kami memiliki start yang fantastis untuk bisa bersaing dengan siapa pun. Tetapi setelah itu, saya mulai kehilangan posisi di depan sehingga bisa dilewati Rossi. Saya hanya berusaha bertahan sebisa mungkin untuk menjaga jarak, tetapi semakin lama semakin jauh sehingga saya memutuskan untuk berada di depan Jorge.

"Kemudian, saya juga sempat pasrah ketika tahu bahwa Jorge juga semakin dekat. Meskipun demikian, saya berusaha untuk tetap berjuang sampai akhir hingga Jorge jatuh," jelas mantan juara dunia 2007 itu yang mengaku tidak pernah membayangkan akan finis di urutan tiga pada balapan tersebut.

"Saya tidak khawatir tampil di sini karena tidak punya pikiran untuk naik podium. Kami sadar, Valentino, Dani dan Jorge akan lebih cepat dan merekalah yang akan naik podium."

Dengan finis di urutan tiga dan Lorenzo gagal menuai poin akibat jatuh, Stoner kini berada di peringkat dua klasemen sementara pebalap. Dia terpaut 11 poin dari Rossi yang kini berada di puncak setelah menjuarai GP Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com