Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Fani Damayanti Melaju ke Semifinal

Kompas.com - 01/05/2009, 19:17 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Ayu Fani Damayanti, satu-satunya petenis tunggal putri Indonesia yang masih bertahan di kejuaraan Bankaltim Open 2009 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Hari Jumat (1/5), kembali meraih kemenangan telak. Ayu Fani berhak melaju ke semifinal setelah mengalahkan unggulan ke tujuh, petenis putri dari Jepang, Seiko Okamoto dengan kedudukan 6-1 dan 6-2 di lapangan utama Stadion Tenis Balikpapan.

Pada Semifinal yang akan berlangsung Sabtu ini, Ayu Fani akan berhadapan dengan petenis putri dari Slovania, Tadeja Majeric, yang merupakan unggulan ke enam pada kejuaraan ini. Majeric berhasil ke semifinal karena mampu menundukkan Reka Luca Jani, petenis dari Hungaria dengan skor 6-3, 5-7 dan 6-3.

Tumbang

Dua petenis putri lainnya yang masuk semifinal di kejuaraan yang menjadi kegiatan rutin International Tennis Federation (ITF) Womens Circuit ini adalah Nungnadda Wannasuk dari Thailand dan Erika Sema dari Jepang. Wannasuk bahkan secara mengejutkan berhasil menumbangkan pemain unggulan kedua, petenis tunggal putri Stefania Boffa dari Swiss dengan skor 7-5, 5-7 dan 6-1.

Wannasuk selanjutnya di semifinal akan menantang Erika Sema, yang sebelumnya mengalahkan Jie Hao dari China dengan angka 6-3 dan 6-4. Pemenang pertandingan Wannasuk dan Sema nanti akan berhadapan di final pada Minggu (3/5) melawan pemenang Ayu Fani dan Majeric.

Sedangkan final ganda putri, yakni saling berhadapan pasangan Indonesia, Yayuk Basuki dan Romana Tedjakusuma dengan Emily Webley Smith dari Inggris dan Ling Zhang dari Hongkong, berlangsung pada Sabtu ini.

Ditemui usai pertandingan, Ayu Fani mengatakan, dirinya akan berusaha untuk bermain lebih baik lagi di babak semifinal. "Saya tadi lebih sering bermain bola-bola melambung, bukan karena kelelahan. Tetapi, saya melihat kelemahan lawan di sana," katanya.

Terkait dengan Tadeja Majeric sebagai lawan tanding berikutnya, Ayu Fani mengakui pihaknya belum pernah bertemu dia. Bukan hanya Majeric, dengan Emily Webley Smith dan Seiko Okamoto juga belum pernah bertemu dan bisa dikalahkan. "Saya yakin juga bisa mengatasi Majeric," tuturnya.

Sementara pelatih putri Indonesia, Suzanna Anggarkusuma mengatakan, Ayu Fani terlihat bermain bagus dalan kejuaraan ini. Buktinya, dia bisa mengalahkan lawan-lawan yang tangguh. "Saya sebagai pelatih berkeinginan kalau Ayu Fani mampu meraih yang terbaik di kejuaraan ini, berikutnya kemungkinan akan mengikuti pertandingan tenis putri di Amerika Serikat," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com