Hasil Undian Menguntungkan, Peluang Indonesia ke Semifinal Terbuka - Kompas.com

Hasil Undian Menguntungkan, Peluang Indonesia ke Semifinal Terbuka

Kompas.com - 25/04/2009, 23:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil undian kejuaraan bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman cukup menguntungkan bagi Indonesia. Pasalnya, tim Merah-putih tergabung di Grup 1A bersama dengan China, Inggris dan Jepang.

Di atas kertas, China yang menjadi tuan rumah sudah pasti mengantongi tiket ke semifinal. Nah, satu tiket tersisa kemungkinan besar milik Indonesia yang memiliki kualitas pemain lebih bagus dari dua pesaing lainnya (Inggris dan Jepang).

Menanggapi hasil undian ini, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Lius Pongoh mengaku bersyukur. Menurutnya, peluang Indonesia di grup ini menjadi lebih besar meskipun dia tak menyebutkan apakah peluang tersebut adalah menjadi juara grup.

"Lihat situasi dan kondisinya," kata Lius yang bersama tim Sudirman sedang melakukan outbond di Citarik, Jawa Barat hingga Minggu (26/4).

Pada Piala Sudirman 2009 yang akan berlangsung di Guangzhou, China, 10-17 Mei, Indonesia menjadi unggulan kedua dan tuan rumah unggulan ketiga. Unggulan pertama ditempati oleh Denmark yang berada di Grup 1B.

Pada Sabtu (25/4), situs Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyiarkan hasil undian tersebut. Di Grup 1B, Denmark akan mendapat tantangan serius dari Malaysia dan Korea Selatan, di samping Hongkong.

Untuk sistem pertandingan, setiap tim di masing-masing grup akan beradu kekuatan untuk menentukan juara dan runner-up yang maju ke semifinal. Setelah itu, juara dan runner-up Grup 1A akan menghadapi runner-up dan juara Grup 1B.

Piala Sudirman mulai digelar tahun 1989. Dari 10 kali perhelatan, Indonesia tujuh kali menjadi finalis meskipun hanya sekali menjadi juara, yakni saat kejuaraan tersebut pertamakali digelar.

Dalam dua penyelenggaraan terakhir, 2005 di Beijing dan 2007 di Glasgow, Indonesia juga selalu jadi finalis. Tapi di partai puncak, mereka selalu kalah dari lawan yang sama, yakni China.


Editor

Close Ads X