Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candra Wijaya: Bulu Tangkis Nasional Krisis Pasangan Ganda Putra

Kompas.com - 15/04/2009, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pebulu tangkis Candra Wijaya menilai dunia bulu tangkis Indonesia krisis pemain ganda putra. Sebagai bentuk kepedulian, Candra pun menggelar turnamen khusus ganda putra bertajuk "Candra Wijaya Men's Double Championship".

Dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/4), Candra mengatakan, regenerasi pasangan ganda putra Indonesia memprihatinkan. "Bisa disebut, setelah Markis Kido-Hendra Setiawan, kita tak memiliki ganda yang tangguh lagi seperti era 1990-an," ungkapnya.

Untuk mengatasinya, Candra menilai perlu adanya ajang yang bisa menjadi saluran kemunculan bibit-bibit pemain khusus ganda putra. Hal inilah yang memicunya mengusahakan penyelenggaraan "Candra Wijaya Men's Double Championship". Kejuaraan ini direncanakan berlangsung di Gedung Bulu Tangkis, Jakarta, 29 April-2 Mei, terbuka untuk pebulu tangkis U-16 dan U-19.

Karena mengusung tema regenerasi maka kejuaraan ini terbuka untuk pebulu tangkis U-16 dan U-19. Menurutnya, pada kelas inilah atlet harus mulai diasah dalam kompetisi dan dimatangkan untuk berprestasi.

Candra yakin, usahanya ini akan melahirkan pemain ganda potensial yang bisa mempertahankan dan meningkatkan reputasi bulu tangkis Indonesia, terutama di nomor ganda putra.

"Bisa disebut, kejuaraan ini adalah sesuatu yang baru di Tanah Air. Ini untuk kali pertama dalam sejarah bulu tangkis Indonesia ada kejuaraan khusus ganda. Untuk lebih memajukan perkembangan bulu tangkis Indonesia, memang diperlukan bermacam terobosan baru, termasuk lewat kejuaraan khusus ganda ini. Dengan terobosan ini, saya yakin akan lahir banyak pemain-pemain ganda potensial yang kelak bisa dikembangkan menjadi juara-juara dunia," papar Candra.

Untuk menarik minat peserta dan daya tarik, kejuaraan ini akan menampilkan sejumlah atlet nasional, seperti Taufik Hidayat, Flandy Limpele, Alvent Yulianto, Hendra Apriadi, dan Joko Riyadi.

Legenda bulu tangkis Indonesia juga akan turut hadir. Mereka adalah Ricky Soebagja, Rexy Mainaky, Sigit Budiaro, dan Candra sendiri.

Sejumlah atlet luar negeri, seperti dari Jepang, Malaysia, Singapura, India, dan Republik Ceska, juga akan mengikuti turnamen berhadiah total Rp 200 juta ini.

Selain itu, acara ini juga akan menjadi ajang penganugerahan penghargaan bagi empat legenda bulu tangkis ganda putra, yaitu Tjun Tjun, Johan Wahyudi, Christian Hadinata, dan Ade Candra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com