Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firdasari Gagal Taklukkan Xingfang, Habislah Wakil di Tunggal Putri

Kompas.com - 05/03/2009, 21:50 WIB

BIRMINGHAM, KAMIS — Adrianti Firdasari gagal mewujudkan tekadnya untuk mengalahkan pebulu tangkis putri China, Xie Xingfang. Dalam pertandingan memperebutkan tiket ke perempat final All England, Kamis (5/3), Firdasari menyerah 15-21 11-21.

Dengan demikian, Indonesia tak punya wakil lagi di nomor tunggal putri. Pasalnya, Pia Zebadiah Bernadet yang menjadi pendamping Firdasari, sudah lebih dulu tersingkir di babak pertama.

Dalam pertarungan yang menghabiskan waktu 31 menit itu, Firdasari sempat memimpin di awal set pertama karena unggul 4-1. Namun, Xingfang yang menjadi unggulan kelima di turnamen ini bisa mengejar, bahkan meninggalkan Firdasari sampai kedudukan 11-7.

Setelah itu, gantian Firdasari yang mengejar dan hanya mampu mencapai angka 10. Xingfang pun semakin kencang berlari dan meraih kemenangan di set pertama dengan skor 21-15.

Di set kedua, Firdasari kembali memberikan perlawanan gigih. Sayang, perjuangan pebulu tangkis berusia 22 tahun ini hanya sampai kedudukan 6-6 karena lagi-lagi Xingfang bisa mengendalikan jalannya pertandingan untuk menang 21-11 dan meraih tiket perempat final.

Hasil ini tentu saja meleset dari target Firdasari. Pasalnya, sebelum berangkat ke Birmingham, peringkat 23 dunia tersebut mencanangkan untuk minimal mencapai perempat final, yang artinya dia harus menaklukkan Xingfang.

"Meskipun sulit, tapi saya sangat berambisi mengalahkan Xingfang supaya bisa maju ke perempat final," tutur Firdasari pada pertengahan bulan Februari.

Pada All England ini, Indonesia hanya mengirimkan Firdasari dan Pia. Tunggal putri nomor satu di Tanah Air, Maria Kristin, terpaksa tidak jadi berangkat karena belum pulih dari cedera lutut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com