Phelps Minta Maaf dalam Bahasa China

Kompas.com - 12/02/2009, 14:25 WIB
Editor

BEIJING, KAMIS — Perenang AS, Michael Phelps, meminta maaf kepada para penggemarnya di China atas heboh foto dirinya tengah mengisap mariyuana.

Permintaan maaf tersebut diterjemahkan dalam bahasa China. Phelps menyampaikan permintaan maafnya tersebut melalui video yang ditayangkan pada Kamis (12/2) melalui situs berbahasa China.

Menurut media massa China, situs tersebut telah menerima rekaman video tersebut melalui pabrikan mobil Jepang, Mazda. Phelps dan Mazda baru saja menandatangani kesempatan bernilai 1 juta dollar AS untuk mengiklankan produk Mazda di China.

"Sebagaimana banyak diketahui, saya sangat menyesal melakukan tindakan yang tidak diharapkan oleh banyak orang," kata Phelps yang diterjemahkan dalam teks berbahasa China.

"Beberapa hari terakhir ini sangat berat buat saya. Namun, saya menerima banyak dukungan secara online dari banyak teman-teman saya di China," kata Phelps.

Bulan lalu, Phleps kembali mengunjungi Beijing untuk melakukan acara komersial dengan Mazda. Pada Olimpiade Beijing, Agustus 2008, Phelps membuat sejarah dengan meraih delapan medali emas.

"Kepada semua anak muda China, belajarlah dari kasus ini," kata Phelps.

"Bertindaklah positif dalam hidup dan lakukan hal-hal yang baik. Saya memiliki banyak pengalaman di China beberapa tahun belakangan serta belajar banyak dari budaya dan sejarah kalian," tuturnya.

"Namun, kehangatan dan pernyataan maaf dalam pesan-pesan yang saya terima dari China yang sangat membangkitkan saya beberapa hari ini. Sekali lagi terima kasih atas dukungan kalian. Saya akan segera datang ke China secepat mungkin," ujarnya.

Karena kasus foto tersebut, Phelps terkena skorsing tiga bulan oleh federasi renang AS. Ia juga kehilangan kontrak dengan Kellogg, sebuah perusahaan makanan anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.