Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phelps Pakai Bonus Olimpiade untuk Yayasan

Kompas.com - 03/09/2008, 11:34 WIB

WASHINGTON, SELASA - Perenang AS, Michael Phelps berencana menggunakan bonus olimpiade 1 juta dolar AS (Rp9,1 Milyar) untuk mendirikan yayasan atas namanya.

Bonus ini diperoleh Phelps atas keberhasilannya menciptakan rekor sensasional dengan meraih delapan medali emas di olimpiade Beijing 2008, Agustus lalu. Ini memecahkan rekor sebelumnya, tujuh medali emas yang diraih perenang AS lainnya, Mark Spitz di olimpiade Muenchen 1972.

Dengan yayasannya tersebut, Michael Phelps akan melakukan tur ke delapan kota di Amerika Serikat untuk membagi pengalamannya di olimpiade dengan anak-anak Amerika.

Dalam pernyataan tertulisnya, Phelps mengatakan ia mampu mencapai rekor tersebut dengan dukungan banyak pihak. "Terimakasih untuk kerja keras, nasib baik, inspirasi dari para pendukung di seluruh dunia dan rekan-rekan setim saya yang membuat saya mampu meraih delapan medali emas di olimpiade Beijing."

"Sekarang saya ingin melanjutkan tugas di luar kolam renang dengan mewujudkan impian orang-orang lain dan membantu mengembangkan olahraga yang sangat saya cintai ini," kata Phelps.

Bonus 1 juta dolar AS diberikan oleh produsen baju renang, Speedo atas keberhasilan Phelps memecahkan rekor Spitz. Hingga saat ini, pemuda asal Baltimore ini telah mengumpulkan  14 medali emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com