Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jankovic Petenis Nomor Satu

Kompas.com - 11/08/2008, 18:53 WIB

BEIJING, SENIN - Petenis Serbia, Jelena Jankovic menjadi petenis nomor satu dunia menggantikan rekan senegaranya Ana Ivanovic, Senin (11/8). Ia meraih angka 3.725 atau unggul 112 poin di atas Ivanovic.

Jankovic yang belum pernah menjuarai turnamen grand slam di nomor tunggal tersebut menjadi petenis ketiga yang merebut tahta tertinggi setelah mundurnya Justine Henin, Mei 2008. Ia juga menjadi petenis ke-18 yang pernah berada di puncak ranking WTA sepanjang masa.

"Sejak aku masih remaja, aku mengimpikan menjadi nomor satu di dunia. Ketika aku beranjak dewasa, minimal sehari kamu bilang kamu nomor satu dan tak satu pun dapat menjauhkannya darimu," kata petenis berusia 23 tahun tersebut.

Petenis yang tujuh kali meraih gelar juara sepanjang kariernya itu mencapai posisi teratas setelah 12 bulan mencapai prestasi secara konsisten. Ia antara lain menang di turnamen Tier I di Roma, mencapai final di Toronto (2007), Beijing (2007), dan Miami (2008) serta dua kali menjadi semifinalis yakni Australia Terbuka dan Roland Garros.

Jankovic kini sedang bertarung di Olimpiade Beijing, sementara Ivanovic mundur karena cedera ibu jari. Namun, Sabtu (9/8) lalu ia mengaku ragu melanjutkan kiprahnya di Olimpiade setelah mengalami cedera paha. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com