Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calzaghe: Saya tak Takut Petinju Kulit Hijau Sekalipun

Kompas.com - 18/04/2008, 11:07 WIB


LAS VEGAS  - Petinju tak terkalahkan  Joe Calzaghe akan bertarung untuk pertama kalinya di Amerika Serikat, Sabtu, melawan petinju tuan rumah Bernard Hopkins.
    
"Calzaghe bisa saja menjadi 'tuhan' di Eropa, tetapi ia bukan Ricky Hatton," kata Hopkins yang akan menghadapi Calzaghe dalam pertarungan 12 ronde di kelas super menengah yang akan digelar di Thomas and Mack Center.
    
Calzaghe mengatakan, dirinya lebih memikirkan rekor tak terkalahkannnya dan mengukuhkan ketajamannya di ring daripada mengkhawatirkan pertarungan di Vegas. "Melihat nama saya tercetak dengan lampu-lampu adalah hal yang sangat keren, tetapi saya tidak terlalu memikirkan hal itu," kata Calzaghe.
    
"Saya ingin datang ke sini karena Hopkins tidak akan datang ke Wales dan saya ingin membuktikan diri saya. Saya tidak butuh datang ke Vegas," katanya.  
    
Calzaghe, yang memiliki rekor 44-0 dengan 32 kali KO, adalah juara bertahan terlama di dunia tinju. Ia telah mempertahankan beberapa gelarnya selama 21 kali. Ia adalah juara versi WBA, WBC dan WBO di kelas super menengah.
    
Hopkins memiliki rekor 48-4-1 dengan 32 kali KO. Calzaghe yang kini berusia 36 tahun, termasuk petinju tua di antara petarung-petarung papan atas, sedang Hopkins yang kini berusia 43 tahun termasuk petinju yang sudah uzur.
    
Calzaghe dikenal memiliki pukulan cepat yaitu melakukan 100 kali pukulan tiap ronde. Hopkins termasuk petinju yang berkarakter bertahan dan memanfaatkan kekuatan lawannya.  "Saya akan mengalahkannya saat ia berada di puncak, saya akan mengalahkannya sekarang," kata Calzaghe yang menyadari bahwa karirnya sebentar lagi akan berakhir dan berkeinginan mengakhiri karirnya melawan Roy Jones Jnr atau Jermain Taylor.
    
Pertarungan itu akan membuat nama Calzaghe tercetak di "boxing’s hall of fame", menyusul penghargaan sebagai pribadi olahragawan terbaik dari BBC. Ia pun berkeinginan untuk menggelar pertandingan terakhirnya di tempat bergengsi Madison Square Garden di New York.  
    
Sebelum hal itu terwujud, ia terlebih dulu harus menghadapi Hopkins, yang menyatakan bahwa ia tidak pernah kalah dari petinju kulit putih. "Apakah saya tertekan? Tidak. Saya tertawa, karena...petinju kulit hitam, petinju kulit putih, berkulit hijau atau petinju dengan warna kulit apapun, saya tidak akan kalah," kata Calzaghe. (ant)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com