Salin Artikel

Mandiri Jogja Marathon 2019, Angkat dan Promosikan Budaya Lokal

KOMPAS.com - Pelari asal Kenya mendominasi gelar juara Mandiri Jogja Marathon 2019 pada nomor lomba full marathon putra yang berlangsung pada Minggu (28/4/2019) pagi.  

Kenya Stephen Munghatia Mugambi menjuarai Mandiri Jogja Marathon 2019 dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 48 detik. Dua rekan senegara Mugambi, Daniel Gekara dan Muindi Onesmus Muasya mengekor di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, untuk kategori nomor lain, half marathon, 10 K, dan 5 K, pelari asal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mereka menjadi yang terbaik dari kategori putra maupun putri. 

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, antusiasme pelari dan masyarakat pada ajang Mandiri Jogja Marathon tahun ini sangat tinggi.

“Di sepanjang rute, masyarakat banyak yang memberikan dukungan dengan menyemangati pelari di sepanjang rute dan menampilkan kesenian-kesenian daerah,” kata Rohan seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Apresiasi juga diungkapkan Menteri BUMN, Rini Soemarno. Menurut menteri yang juga mengikuti lomba lari 5K, Jogmar mempunyai nilai plus berbeda karena ikut mempromosikan budaya daerah.  

“Marathon kali ini juga berbeda karena mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya lokal sehingga dapat memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Yogyakarta dan sekitarnya,” kata Rini Soemarno di Candi Prambanan.

Masyarakat Yogyakarta juga sangat antusias menyambut ajang yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini. Lebih dari 8.000 orang memadati race village di area Candi Prambanan. 

Tahun ini, Mandiri Jogja Marathon juga bekerja sama dengan masyarakat di desa-desa yang dilalui rute sehingga mereka dapat turut berpartisipasi dalam perhelatan ini.

“Bank Mandiri turut serta mendukung partisipasi desa dengan memberikan bantuan berupa pengaspalan jalan rusak sepanjang rute marathon, dan 450 lampu penerangan," kata Rohan Hafas

"Kami juga memberi apresiasi kepada desa terbaik dalam kategori padat karya, ragam budaya dan hiburan,” tuturnya.

Apresiasi Padat Karya diberikan kepada desa Wedonartani dan Umbulnartani. Sementara itu, Ragam Budaya diberikan kepada desa Sukoharjo dan Titomartani. Desa Taman Martini, Purwomartani, Selomartani, Widodomartani dan Maguwoharjo mendapat apresiasi dalam kategori hiburan.

Distribusi gelar juara Mandiri Jogja Marathon 2019: 

Half marathon putra: 

Charles Munyua Njoki  

Welman D Pasaribu  

Amri Wahyudin

Half marathon putri: 

Odekta Naibaho

Afriana Paijo

Yanitasari Yanita  

10 K putra: 

James Karanja

Pandu Sukarya

Fajar Hidayat

10 K putri: 

Pretty Sihite

Elisabeth Wanza

Qurrotul Farida  

5 K putra: 

Syamsuddin Massa

Ravi Putra

Alwi Bashori

5 K putri: 

Mahardika Manik

Zolanda Riva Ngesti

Raden Roro Devina.

https://olahraga.kompas.com/read/2019/04/28/17163138/mandiri-jogja-marathon-2019-angkat-dan-promosikan-budaya-lokal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.