Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Dapat Emas Asian Para Games, Ni Nengah Turun Kelas

JAKARTA, KOMPAS.com - Atlet para angkat berat Indonesia Ni Nengah Widiasih diketahui turun kelas di Asian Para Games 2018.

Paralifter asal Bali itu turun di kelas wanita sampai dengan 41 kilogram. Kelas itu lebih ringan ketimbang saat ia turun di Kejuaraan Terbuka Asia-Oceania di Kitakyushu, Jepang pada September silam. Saat itu, Nengah turun di kelas kelas wanita sampai dengan 45 kilogram.

Menurut Nengah, alasannya turun kelas disebabkan kesempatan meraih emas yang lebih besar di kelas wanita sampai dengan 41 kilogram.

Sebab, di kelas 45 kilogram bercokol atlet China yang sudah beberapa kali memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri, Guo Lingling.

"Setelah mengikuti kejuaraan di Jepang, saya diet keras supaya bisa main di kelas 41. Karena di kelas 45 ada pemegang world record dari China," kata Nengah saat ditemui seusai berlaga di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (7/10/2018).

Sayangnya, Nengah hanya mampu meraih medali perak meski telah turun ke kelas 41 kilogram. Ia harus mengakui keunggulan paralifter peraih emas asal China, Cui Zhe, yang notabene rekan senegara Guo Lingling.

Nengah mengaku sedih gagal meraih hasil terbaik. Namun, ia mengakui Cui memang tampil lebih baik.

"Saya turun di kelas 41 karena ada harapan dapat emas. Saya sudah mencoba walaupun hasilnya perak. Jadi walaupun dapat perak, saya tidak menyesal turun kelas. Saya akan sangat menyesal kalau saya tidak mencoba sama sekali," ujar Nengah.

Ajang Asian Para Games 2018 merupakan event terakhir yang diikuti Nengah pada 2018. Di tahun depan, Nengah akan bersiap mengikuti kualifikasi Paralimpiade Tokyo 2020 dan Kejuaraan Dunia di Astana, Kazakstan.

Namun untuk keikutsertannya di dua kejuaraan itu, Nengah belum tahu apakah akan turun di kelas wanita sampai dengan 41 kilogram atau 45 kilogram. Nengah menyatakan di dua kelas itu, dirinya masih mengoleksi poin.

"Baik di 41 ataupun 45 tidak ada yang nyaman karena ada China dua-duanya. Sampai saat ini saya belum tahu. Kita lihat saja nanti," pugkas Nengah.

https://olahraga.kompas.com/read/2018/10/07/16395698/demi-dapat-emas-asian-para-games-ni-nengah-turun-kelas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke