Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kontingen Indonesia Janji Tampil Maksimal

JAKARTA, Kompas.com - Pengukuhan atlet dan ofisial Tim Indonesia Asian Games 2018 menjadi momentum penuh makna dan sangat penting karena melalui proses ini, seluruh kontingen atau tim Indonesia secara resmi disematkan amanah dan tugas kebangsaan utama. Tugas kebangsaan itu adalah mengangkat harkat dan derajat bangsa Indonesia di mata dunia.

Demikian disampaikan Chef de Mission (CdM) atau Ketua Kontingen Tim Indonesia Asian Games 2018, Komjen Pol. Drs. Syafruddin, Msi, pada upacara pengukuhan atlet dan ofisial kontingen atau Tim Indonesia Asian Games 2018, yang berlangsung Minggu sore di Istora Senayan Jakarta, 5 Agustus 2018.

Kepada Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang menjadi inspektur upacara pada petang itu, Syafruddin menyampakan tekad dan kesiapan semua atlet dan ofisial mengemban tugas negara dengan sebaik-baiknya.

"Kami siap mengemban tugas negara ini dengan segenap curahan keringat dan kejuangan. Kami siap bekerja keras untuk negeri, mengalahkan diri sendiri dan lawan, untuk kepentingan bangsa di atas segalanya, mengharumkan nama Indonesia, mearih kemenangan demi kemenangan, serta merebut juara dalam event Asian Games ke-18 tahun 2018," tegas orang nomor dua di Kepolisian Republik Indonesia itu.

Di hadapan 350 atlet dan ofisial yang hadir mewakili semua cabor dan tim kontingen Indonesia, Syafruddin kembali memohon doa restu kepada seluruh bangsa Indonesia agar tim Indonesia sukses di laga Asian Games yang digelar 18 Agustus hingga 2 September nanti.

''Atas nama anak bangsa Indonesia, kami mohon doa restu, semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberi petunjuk dan hidayah untuk kejayaan Indonesia, sehingga seluruh hasil capaian Tim Indonesia optimal dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, nusa dan tanah air tercinta," kata pria yang akrab dipanggil Pak Syaf.

Hal lain yang dilaporkan CdM pada upacara pengukuhan itu adalah jumlah Tim Kontingen Indonesia yang mencapai 1383 orang. Menurut Syafruddin, sesuai Keputusan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Nomor 09/Kep-AG/KOI/VII/2018 dan Surat Keputusan KOI Nomor 10/KEPAG/KOI/VII/2018, jumlah kontingen Indonesia terdiri dari  938 atlet dan 365 Ofisial, dan 80 headquarter.

"Tanpa menyurutkan tekad dan kebersamaan perjuangan, maka dalam pelaksanaan upacara pengukuhan ini dihadiri oleh 350 atlet dan ofisial. Sebagian besar atlet dan ofisal masih menjalani program pelatnas, training camp, maupun try out baik di luar kota maupun di luar negeri,"kata penggemar olah raga renang dan jetski ini.

Dalam acara itu, para atlet juga membacakan janji atlet. Pembacaan janji atlet diwakili oleh Amalia Fajrina (Cabor Bola Voli), Mutiara Habiba (Cabor Taekwondo), dan Lalu Muhammad Zohri (Cabor Atletik) yang namanya melejit setelah memenangi kejuaraan atletik junior dunia belum lama ini.

Selain dihadiri para atlet dan ofisial, pengukuhan juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua KOI Erick Tohir, dan Plt Sekjen KOI Helen Sarita, Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewo Broto, para pengurus KONI dan pengurus cabang olahraga.

Di akhir upacara pengukuhan, seluruh pejabat, tamu undangan, atlet dan ofisial Tim Indonesia melakukan flashmob bersama, bergoyang dan menari bersama, untuk membakar dan membangkitkan semangat Tim Indonesia menuju perjuangan merebut prestasi di Asian Games.

https://olahraga.kompas.com/read/2018/08/05/21501258/kontingen-indonesia-janji-tampil-maksimal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke