Salin Artikel

Yamaha Sunday Race, dari Pebalap Supersport 300 hingga Pendatang Baru

BOGOR, KOMPAS.com - Ajang Yamaha Sunday Race (YSR) 2018 seri 2 berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/5/2018) pagi. Ajang ini diikuti oleh pebalap komunitas dari berbagai daerah, serta sejumlah rider profesional.

"Sebanyak 210 rider dari komunitas hadir di sini. Tak cuma dari Pulau Jawa, tetapi juga Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua," ujar Muhamad Abidin selaku GM Aftersales and Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Hari ini, teman-teman komunitas juga ikut meramaikan victory lap, dan kami juga menggelar kelas baru All New R15 Idemitsu Junior Pro.

Galang Hendra Pratama, pebalap muda Yamaha Indonesia yang tengah berkompetisi pada ajang World Supersport 300 di Eropa, ikut hadir di Sentul.

Galang yang pada pekan depan akan membalap di Sirkuit Imola, Italia meminta doa dan dukungan dari para pebalap komunitas YSR 2018.

"Mohon doa dan dukungan untuk saya. Saya akan selalu berjuang untuk Merah Putih," tutur Galang.

Sementara itu, salah satu muka baru pada ajang ini adalah Arief Kurniawan. Ia tampil di kelas Sport 150cc Professional Riders.

Pemuda 24 tahun asal Kepulauan Riau itu tak menyangka bisa langsung berpartisipasi di kelas profesional YSR 2018 bersama Byan Racing Team.

Di kelas Sport 150cc Pro, Arief bersaing dengan sejumlah pebalap berpengalaman nasional seperti Rey Ratukore, Rafid Topan Sucipto dan Wahyu Aji Trilaksana.

Keikutsertaan di kelas tersebut jelas menjadi tantangan besar bagi Arief, mengingat dirinya hanya bermodalkan pengalaman di kancah daerah.

"Walaupun saya belum punya pengalaman, tetapi saya punya keyakinan bisa bersaing di kelas ini," kata Arief saat ditemui Kompas.com di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (6/5/2018).

Arief bisa mengikuti YSR 2018 berkat bantuan dari Sahabat Derry, sebuah program yang diinisiasi politisi Derry Purnamasari di Kepulauan Riau.

"Arief sebetulnya sih tahapannya harus ikut yang kelas komunitas terlebih dulu. Namun, dia dapat kesempatan ikut kelas profesional. Kami coba dulu saja," kata Ronnie, pemilik Byan Racing Team.

Bermodalkan tekad, Arief mengasah kemampuan balapnya di Rey Racing School (RRS) milik pebalap Rey Ratukore demi persiapan mengikuti YSR 2018.

Di bawah bimbingan RRS, Arief menguji fisiknya seraya mengenal karakter Sirkuit Internasional Sentul yang menjadi tempat penyelenggaraan YSR 2018.

https://olahraga.kompas.com/read/2018/05/06/15344328/yamaha-sunday-race-dari-pebalap-supersport-300-hingga-pendatang-baru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.