Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurnalis Palsu Serbu Australia Jelang Commonwealth Games

BRISBANE, Kompas.com - Peringatan buat panitia pelaksana Asian Games 2018, seorang jurnalis India dituduh menyelundupkan manusia ke Australia dengan menggunakan status sebagai rombongan jurnalis olahraga.

Rombongan sebanyak 9 orang ini disebut sebagai jurnalis olahraga asal India  yang datang ke Australia untuk meliput pesta olahraga negara persemakmuran (Commonwealth Games) yang akan berlangsung di Gold Coast pada 4-15 April ini.

"Delapan di antara mereka  diketahui menggunakan tanda pengenal media asing," kata petugas dari Pasukan Perbatasan Australia (ABF), Kamis (29/03/2018).

"Pihak kepolisian  akan mengajukan seorang pria berkebangsaan India berusia 46 tahun ke pengadilan. Ia memegang tanda pengenal yang sah dan merupakan pemimpin rombongan," pernyataan lanjutan ABF.

Pria tersebut dikenakan tuduhan menyelundupkan  orang dan tuduhan memalsukan dokumen dan memberi informasi palsu. Hukuman atas tuduhen ini adalah maksimum 20 tahun penjara.

Pria tersebut akan diajukan ke sidang dengar pendapat Pengadilan Magistrat Brisbane, Kamis ini dan saat ini menjalani penahanan. Ia juga diharap akan tampil di persidangan pada 6 April.

Delapan lainnya, yang identitasnya tak diungkap, saat ini masih ditahan di tahanan imigrasi Australia.

"Pihak ABF akan meningkatkan kewaspadaan sehubungan dengan segal kemungkinan dengan makin mendekatnya penyelanggaraan Commonwealth Games," kata komandan  ABF Queensland, Terry Price.

Commonwealth Games akan berlangsung di Gold Coast pada 4-15 April 2018 ini.

https://olahraga.kompas.com/read/2018/03/29/13583651/jurnalis-palsu-serbu-australia-jelang-commonwealth-games

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke