Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kegembiraan Pelatih Tim Voli Putra Indonesia

GRESIK, KOMPAS.com – Sekali lagi, tim voli putra Indonesia berhasil melakukan comeback luar biasa dalam kejuaraan bola voli Asia ke-19.

Tertinggal dua set, Indonesia sukses bangkit dan akhirnya mengalahkan Iran dengan skor 3-2 (18-25, 18-25, 25-23, 26-24, dan 15-11), dalam pertandingan di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/7/2017) malam.

Keberhasilan ini disambut suka-cita oleh seluruh elemen tim, termasuk sang pelatih Samsul Jais. Menurut Samsul , kualitas tim Iran yang merupakan peringkat pertama Asia masih tak sebagus tim China, Jepang, maupun Korea.

“Iran betul peringkat satu di Asia. Namun, saya lihat kecepatan, kualitas permainannya lebih jelek ketimbang Jepang, China, maupun Korea. Kerja sama mereka juga tak begitu bagus,” ujar Samsul dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.

Melihat hal tersebut, Samsul lantas memberikan instruksi kepada anak didiknya untuk lebih berani dalam mengembangkan permainan dan mengeluarkan segenap kemampuannya. Meski tim Indonesia, sempat tertinggal di dua set awal dengan angka sama 18-25.

“Saya beri instruksi, ketika bola pertama tidak bagus, tosser harus bekerja untuk dapat menyajikan bola selanjutnya supaya bola itu tidak mati dan itu berhasil. Padahal, berapa komputer (untuk analis) dibawa tim Iran? Kami hanya mengandalkan analisis biasa. Tetapi, tidak masalah, asalkan pemain mau ikuti instruksi pelatih, terbukti kan,” ucap Samsul.

Hal serupa diungkapkan oleh Nurmulki Rivan yang didapuk sebagai pemain terbaik dalam pertandingan tersebut. Ia merasa bangga karena akhirnya tim voli putra Indonesia mampu mencatatkan sejarah baru.

“Suatu kebanggaan bisa masuk empat besar dan cetak sejarah setelah lama tidak lagi merasakan itu. Apa yang dikatakan pelatih benar, selama ikuti instruksi dan percaya diri, saya kira bisa,” tutur Rivan.

Dalam babak empat besar pada Senin (31/7/2017) malam di tempat sama, tim voli putra Indonesia dijadwalkan kembali berjumpa dengan tim Jepang, yang sempat mengalahkan mereka tiga set langsung (23-25, 15-25, dan 12-25) dalam pertandingan sebelumnya.

https://olahraga.kompas.com/read/2017/07/30/23070331/kegembiraan-pelatih-tim-voli-putra-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke