Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosberg Juara Dunia F1 2016 Meski Kalah dari Hamilton di Abu Dhabi

Kompas.com - 27/11/2016, 21:55 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com - Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, meraih gelar juara dunia Formula 1 pertamanya setelah finis di urutan kedua pada balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (27/11/2016).

Rosberg menutup musim 2016 dengan koleksi 385 poin, lima angka lebih banyak dari rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang memenangi balapan GP Abu Dhabi.

Rosberg tiba di Abu Dhabi dengan keunggulan 12 angka atas Hamilton. Persaingan mereka musim ini tuntas dengan Rosberg akhirnya berhak atas gelar juara dunia.

Saat balapan, Hamilton melakukan start cemerlang dari pole position. Dia memimpin balapan tepat di depan Rosberg yang start dari posisi kedua.

Insiden terjadi pada awal balapan. Max Verstappen (Red Bull Racing) melintir saat melewati tikungan 1. Dia terlempar ke posisi ke-22.

Verstappen sudah berada di urutan ke-15 pada lap ke-3. Dia terus merangsek ke depan dan segera masuk 10 besar.

Pada akhir lap ke-7, Rosberg masuk ke pit untuk berganti ban soft. Hal sama juga dilakukan Kimi Raikkonen (Ferrari).

Satu lap kemudian, giliran Rosberg yang melakukan pit stop. Dia sempat terhambat saat akan melaju lagi karena Sebastian Vettel (Ferrari) pada saat bersamaan juga masuk pit.

Saat semua kembali ke lintasan, Hamilton masih memimpin balapan, diikuti Verstappen yang belum melakukan pit stop. Rosberg dan Raikkonen menyusul di belakang mereka.

Rosberg berusaha melewati Verstappen, tetapi pebalap Belanda tersebut berhasil mempertahankan tempatnya.

Pada lap ke-13, Jenson Button (McLaren Honda) harus mengakhiri balapan karena ada kesalahan dengan mobilnya.

Bagi Button, GP Abu Dhabi merupakan balapan terakhirnya di Formula 1.

Pada lap ke-16, Daniil Kvyat (Toro Rosso) juga harus berhenti dari balapan karena masalah mobil. Dia kembali ke pit dengan naik sepeda.

Pada lap ke-21, Rosberg akhirnya berhasil melewati Verstappen setelah menjalani persaingan sengit hingga beberapa tikungan.

Pada akhir lap ke-21, Verstappen akhirnya masuk ke pit dan mengganti ban supersoft-nya dengan ban soft. Saat kembali ke lintasan, dia berada di urutan ke-8.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com