Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tom Blomqvist Gabung Sean dan Giovinazzi pada WEC di Shanghai

Kompas.com - 18/10/2016, 12:01 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Dua pebalap GP2 Series 2016, Sean Gelael (Indonesia) dan Antonio Giovinazzi (Italia), akan turun pada seri ke-8 FIA World Endurance Championship (WEC) 2016 di Sirkuit Shanghai, China, 4-6 November.

Akhir pekan kemarin, mereka turun pada seri ketujuh WEC di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, bersama Giedo Van der Garde (Belanda). Mereka berhasil finis di urutan keempat kategori LMP2.

Pada seri ke-8, tim Extreme Speed Motorsport yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia akan mengalami perubahan susunan pebalap. Van der Garde akan digantikan pebalap asal Inggris, Tom Blomqvist.

Kehadiran Blomqvist, yang saat ini membalap di ajang DTM bersama tim BMW, diharapkan kian memperbesar peluang tim meraih podium di Shanghai.

Sebelum ini, Blomqvist pernah berada satu tim dengan Sean dan Giovinazzi pada ajang Formula 3 Eropa.

"Saya sendiri lebih optimistis dengan masuknya Blomqvist karena ikatan batin di antara mereka lebih kuat. Kerja sama mereka akan lebih solid karena sudah saling mengenal karakter masing-masing. Sayangnya, Blomqvist cuma bisa membalap di Shanghai," kata pemilik tim Jagonya Ayam, Ricardo Gelael.

Musim ini, Blomqvist tampil di ajang balap mobil GT, DTM, dan beberapa kali naik podium. Dia tidak bisa bergabung pada seri ke-9 atau terakhir di Sirkuti Sakhir, Bahrain (17-19 November), karena waktunya hampir bersamaan dengan balap DTM.

JAGONYA AYAM Pebalap Indonesia, Sean Gelael, berekspresi saat berada di Sirkuit Fuji Speedway pada seri ketujuh FIA World Endurance Championship, 14-16 Oktober.

Seri ketujuh di Fuji kemarin merupakan pengalaman pertama Sean membalap di ajang WEC. Balapan ketahanan selama enam jam tersebut memberikan pengalaman baru yang diharapkan bisa menambah rasa percaya diri dan kematangan Sean.

Sean yang turun sebagai pebalap ketiga tampil cukup konsisten di Fuji. Pebalap berusia 19 tahun ini bahkan bisa membantu memperbaiki posisi tim yang sempat tercecer ke urutan belakang akibat kesalahan saat pit stop pertama.

Secara performa, Sean dkk bisa mengimbangi tim-tim lain yang diperkuat mantan pebalap Formula 1 di antaranya Will Stevens dan Bruno Senna.

Bahkan mereka sudah mendapat hasil lebih bagus dari tim yang diperkuat Vitaly Petrov dan Roberto Merhi yang juga merupakan mantan pebalap F1.

Balapan FIA WEC untuk kategori LMP2 dikuti 11 tim. Selain LMP2, WEC juga memainkan kategori LMP1, GT Pro, dan GT Amatir. Total, ada 32 tim yang membalap secara bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com