Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pol Espargaro dkk Kembali Rajai Suzuka 8 Hours

Kompas.com - 31/07/2016, 17:46 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

SUZUKA, KOMPAS.com - Pol Espargaro dan Katsuyuki Nagasuka kembali menjuarai Suzuka 8 Hours bersama tim Yamaha Factory Racing Team di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (31/7/2016).

Tahun lalu, Espargaro dan Nagasuka juga keluar sebagai juara bersama Bradley Smith. Pada edisi 2016, Espargaro dan Nagasuka juara bersama pebalap Kejuaraan Dunia Superbike asal Inggris, Alex Lowes.

Tim Yamaha mengawali balapan dari pole position setelah mencatatkan waktu tercepat pada Top 10 Trial, Sabtu (30/7/2016), yakni 2 menit 6,258 detik.

Peluang tim Yamaha untuk menjuarai Suzuka 8 Hours kian terbuka menyusul kerusakan teknis mesin motor tim Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, pada lap ke-74.

Tanpa Musashi, Espargaro dkk mendapatkan perlawanan dari Team GREEN (Akira Yanagawa, Kazuki Watanabe, dan Leon Haslam) dan tim Yoshimura Suzuki Shell Advance (Takuya Tsuda, Joshua Brookes, dan Noriyuki Haga).

Memasuki tiga jam terakhir balapan, Espargaro dkk masih berada di posisi terdepan. Sementara itu, tim Yoshimura dan Team GREEN bersaing memperebutkan posisi runner-up.

Tim Yamaha terus memimpin ketika para pebalap sudah menyalakan lampunya, pertanda matahari mulai terbenam. Mereka sudah tak terbendung lagi kala balapan menyisakan waktu 10 menit.

Pebalap terakhir tim Yamaha, Lowes, melaju tanpa gangguan dan akhirnya finis di urutan pertama. Selama delapan jam, tim Yamaha menyelesaikan 218 putaran dan masuk pit stop 7 kali.

Team GREEN dan Yoshimura tetap bertahan di posisi ke-2 dan ke-3. Sementara itu, Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat Hayden, harus puas finis di urutan ke-64.

Adapun Satu HATI Honda Team Asia yang hanya diperkuat dua pebalap yakni Dimas Ekky Pratama (Indonesia) dan Muhammad Zaqhwan Zaidi (Malaysia), menuntaskan balapan dengan finis di urutan ke-8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com