Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Berkaca dari Pengalaman Tahun Lalu

Kompas.com - 15/07/2016, 09:11 WIB

SACHSENRING, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, saat ini berada di urutan kedua klasemen sementara MotoGP 2016, 24 poin tertinggal dari Marc Marquez (Repsol Honda).

Meski begitu, Lorenzo tetap yakin bahwa peluang untuk meraih gelar juara dunia keempatnya di kelas premier masih terbuka. Dia merujuk pada pengalamannya musim lalu.

"Tahun lalu, tiga kali saya tertinggal lebih dari 18 poin, dan tiga kali juga saya bisa mengejar," kata Lorenzo yang akhirnya menjadi juara dunia pada akhir musim.

Tahun lalu, Lorenzo tertinggal 29 poin dari rekan satu timnya, Valentino Rossi, setelah seri ketiga. Dia lalu tertinggal 23 poin setelah seri ke-13, dan berjarak 18 poin setelah seri ke-15.

"Di kejuaraan ini, dengan banyaknya kesalahan dan kegagalan meraih poin, apa pun bisa terjadi. Terutama sekarang Honda sepertinya kesulitan di beberapa sirkuit," kata Lorenzo.

"Semua bisa terjadi dan kami bisa memangkas selisih di sirkuit di mana kami bisa tampil bagus," ujar pebalap 29 tahun tersebut menambahkan.

Pada dua balapan terakhir musim ini, Lorenzo hanya bisa meraih enam poin, sedangkan Marquez 40.

Lorenzo gagal finis saat menjalani balapan GP Catalunya dan hanya finis di urutan ke-10 pada balapan berikutnya di Sirkuit Assen, Belanda. Sementara itu, Marquez selalu finis di urutan kedua.

Akhir pekan ini, keduanya akan kembali berburu poin pada GP Jerman yang berlangsung di Sachsenring, 15-17 Juli.

"Akhir pekan ini penting karena pada dua balapan sebelumnya saya kehilangan banyak poin. Akan sangat bagus jika saya bisa naik podium di sini," kata Lorenzo.

Namun, Sachsenring bukanlah sirkuit yang "ramah" buat Lorenzo. Sachsenring merupakan salah satu dari sedikit sirkuit di mana dia belum pernah menang di semua kelas.

"Ada beberapa lintasan di mana kamu kompetitif, tetapi ada sirkuit lain yang kamu lebih mengalami kesulitan dan Sachsenring adalah salah satunya," aku pemilik tiga gelar juara dunia kelas premier tersebut.

Tahun ini, ban yang dipakai pebalap berbeda dibanding musim lalu. Dengan kondisi tersebut, persaingan di Sachsenring bisa saja memunculkan hasil mengejutkan.

Lorenzo senang bahwa akhir pekan ini Michelin menyediakan tiga pilihan ban depan, termasuk ban asimetris baru yang memang disesuaikan untuk lintasan unik Sachsenring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com