Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Ungguli Duo Mercedes, Rio Masih Tertahan di Papan Bawah

Kompas.com - 11/06/2016, 22:10 WIB

MONTREAL, KOMPAS.com - Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mematahkan dominasi Mercedes pada sesi latihan GP Kanada yang berlangsung di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, 10-12 Juni.

Pada sesi latihan ketiga, Sabtu (11/6/2016), Vettel menjadi yang tercepat dengan putaran 1 menit 13,919 detik. Dia menjadi pebalap pertama yang mencatat putaran di bawah 1 menit 14 detik pada akhir pekan ini.

Vettel sukses mematahkan dominasi pebalap Mercedes yang selalu menjadi tercepat pada dua sesi latihan sebelumnya, Jumat (10/6/2016).

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menembus waktu putaran di bawah 1 menit 17 detik, tetapi masih tertahan di papan bawah.

Sesi 60 menit ini dibuka dan para pebalap langsung turun ke lintasan. Dengan kemungkinan hujan akan turun, para pebalap tak ingin membuang banyak waktu.

Rio dan rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, juga langsung melakukan putaran demi mencari data sebanyak mungkin ketika lintasan masih kering.

Beberapa pebalap langsung bergantian memimpin sesi dengan mencatat putaran tercepat.

Dua pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, berada di dua posisi teratas ketika sesi berjalan 10 menit. Putaran keduanya sama persis yaitu 1 menit 14,636 detik.

Verstappen menajamkan waktu putarannya menjadi 1 menit 14,310 detik. Lewis Hamilton (Mercedes) dan Kimi Raikkonen (Ferrari) menempel di urutan kedua dan ketiga hingga 15 menit sesi berjalan.

Vettel yang memakai ban ultrasoft menggeser Verstappen dari posisi tercepat setelah melakukan putaran dalam 1 menit 14,139 detik.

Pebalap Jerman tersebut mempartajam putarannya menjadi 1 menit 14,068 detik.

Sebelum memasuki setengah sesi, hujan ringan mulai turun di beberapa area. Para pebalab masih memakai ban slick.

Masih dengan ban ultrasoft, Vettel menajamkan putarannya menjadi 1 menit 13,919 detik.

Sekitar 20 menit terakhir sesi, para pebalap kembali ke pit untuk berganti ban karena hujan diperkirakan mulai deras.

Namun, hujan batal turun dan pebalap masih bertahan dengan ban kering.

Memasuki 15 menit terakhir sesi, insiden terjadi. Kevin Magnussen (Renault) menabrak tembok saat keluar dari tikungan 7. Bendera merah berkibar dan sesi dihentikan.

Sesi tidak akan dilanjutkan yang berarti Vettel bertahan sebagai yang tercepat pada sesi ini.

Rio dan Wehrlein mencatat putaran lebih baik dibanding dua sesi sebelumnya, tetapi itu belum cukup untuk mengangkat posisi mereka dari papan bawah.

Para pebalap akan kembali ke lintasan pada pukul 13.00 waktu setempat (00.00 WIB) untuk menjalani sesi kualifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com