Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manor Gaet Mantan Rival Rio Haryanto sebagai Pebalap Cadangan

Kompas.com - 10/03/2016, 17:07 WIB
BANBURY, KOMPAS.com — Mantan rival Rio Haryanto dalam perebutan kursi Formula 1 tim Manor Racing untuk musim 2016, Alexander Rossi, secara resmi ditunjuk menjadi pebalap cadangan tim tersebut. Manor mengambil keputusan itu untuk mengantisipasi kemungkinan pebalap asal Amerika Serikat tersebut ikut membalap pada 11 seri musim ini.

Rossi sempat bersaing dengan Rio, yang merupakan pebalap kebanggaan Indonesia, serta Pascal Wehrlein dari Jerman. Sayang, mimpi Rossi untuk menjadi pebalap utama Manor gagal terwujud karena Rio menyisihkannya ketika memperebutkan kursi kedua.

Musim lalu, Rossi dan Rio bersaing dalam ajang balap GP2 Series. Rossi menutup musim sebagai runner-up, sementara Rio berada di urutan keempat. Pebalap 24 tahun itu pernah memperkuat Manor pada lima seri balapan F1 musim 2015.

"Saya kecewa saat gagal mendapatkan kursi pebalap utama di Manor Racing musim ini. Semua orang tahu saya sudah bekerja keras untuk mendapatkannya," kata Rossi seperti dilansir Crash.

Baca juga:
Rio Haryanto Berebut Kursi dengan Pebalap Dunia
Rossi Akui Tak Mungkin Menandingi Rio Haryanto
Tersingkir oleh Rio, Rossi Turun di IndyCar

Gagal meraih tiket kursi terakhir di grid F1 membuat Rossi memutuskan untuk membalap pada ajang IndyCar Series tahun ini. Dia bergabung bersama tim Andretti Autosport.

"Sebagai pebalap cadangan, saya punya dua program yang sangat lengkap di level tertinggi motorsport," ujar Rossi.

Rossi menjadi pebalap cadangan Manor untuk 11 seri balapan. Kiprahnya sebagai pebalap cadangan akan dimulai pada seri keempat Formula 1, yakni Rusia Grand Prix yang digelar di Sirkuit Sochi Autdrom, 29 April-1 Mei.

"Saya percaya diri pengalaman ini akan menjadi langkah penting untuk karier saya di Formula 1. Saya senang bisa kembali kepada tim yang saya kenal. Tim Manor merupakan tempat saya berbagi rasa hormat dan cinta kepada olahraga yang saya cintai," ucap Rossi.

Pihak Manor pun mengaku senang dengan kehadiran Rossi meskipun mereka mengetahui bahwa pada musim 2016, pebalap 24 tahun ini juga akan membalap pada kompetisi IndyCar Series.

"Kami sangat beruntung memiliki pebalap sekaliber Alex. Kami membutuhkan pebalap cadangan yang berpotensi untuk turun balapan dan mampu membantu pengembangan mobil. Bagi Alex, F1 adalah bisnis yang belum selesai," kata Racing Director Manor Dave Ryan.

"Musim lalu Alex melakukan pekerjaan yang baik pada lima balapan terakhir. Dia adalah salah satu pebalap yang paling disiplin. Kami yakin dia dapat menjalankan tugasnya dengan baik," ujar Ryan.

Seri balapan pertama F1 2016 akan digelar di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Australia, pada 18-20 Maret. (Thomas Rizal)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com