Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkaca pada Greysia Polii dan Rio Haryanto, Jangan Pelit Berbagi Semangat!

Kompas.com - 19/02/2016, 15:24 WIB
Nur Desilawati

Penulis

KOMPAS.com – Pernah dengar frasa “follow your passion”? Saat memilih pekerjaan, misalnya, Anda bisa jadi kerap mendengar pesan itu. Penjelasan paling masuk akal, bekerja sesuai minat atau sepenuh hasrat adalah modal besar untuk menghadirkan kenyamanan, kreativitas, dan produktivitas tinggi.

Sejumlah figur membuktikan, bekerja dengan antusias akan menghadirkan capaian yang sepadan. Kepercayaan diri pun dengan sendirinya meluap, termasuk dalam rupa foto-foto diri saat beraktivitas, di tengah maraknya fenomena selfie.

Atlet, bukan pula pengecualian dalam kaitan antara pekerjaan dan minat ini. Beberapa atlet muda berprestasi bahkan melangkah lebih jauh menularkan semangat soal minat ini lewat beragam cara.

Instagram @greyspolii Pebulutangkis, Greysia Polii, melakukan foto selfie
Pebulu tangkis Greysia Polii, contohnya, memakai media kaus untuk berbagi inspirasi. Pemegang peringkat dua dunia Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk ganda putri ini kerap kedapatan memakai kaus warna-warni dengan sablon tulisan “Come Back Stronger”, selain frasa “Always Stronger” dan kata-kata penuh motivasi lain. Akun media sosial milik atlet ini juga mencantumkan slogan tersebut, dari profil, status, sampai hashtag.

Menutup 2015, Poleng—panggilan akrab Greysia—menulis di salah satu media sosialnya, “Grateful for the ups and down in 2015. Surely will #comebackstronger next year but i will always #letlovewin in every situation i face! #Goodbye2015”.  Di akun media sosial untuk berbagi foto, Instagram, Poleng juga memasang frasa yang sama dalam huruf kapital di profil-nya.

Dok Oppo Rio Haryanto

Pebalap muda Rio Haryanto juga punya aura semangat yang sama. Tak hanya di lingkungan area balap, Rio membagikan pula semangat dan gairah untuk terus berprestasi lewat foto-foto dari beragam lokasi dan kegiatan, dalam ekspresi percaya diri.

Foto-foto Rio di beragam media sosial dan pemberitaan selalu menampilkan wajah tersenyum dan atau sorot mata tajam, baik dalam pose serius maupun santai. Sesekali pebalap Grand Prix 2 yang segera menapaki arena bergengsi balap F1 ini juga berpose dengan tangan diangkat, sebagai gambaran semangat kemenangan.

Pebalap Campos Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, merayakan kemenangan di atas podium Sirkuit Silverstone setelah memenangi sprint race GP2 Inggris, Minggu (5/7/2015).

Meski berkaca pada kedua atlet muda berprestasi di atas, bukan berarti kepercayaan diri dan berbagi semangat baru bisa dilakukan ketika kita sudah menyamai capaian mereka. Terlebih lagi ada ujaran semacam “setiap orang tercipta beda dan istimewa” untuk menggambarkan potensi kebaikan dan kelebihan di setiap manusia. Karenanya, berbagi inspirasi dan semangat, apa pun levelnya, bisa dilakukan siapa saja, setiap waktu, di segala lokasi.

Dengan media sosial dan teknologi informasi yang terus berkembang, berbagi inspirasi, motivasi, dan ekspresi pun semakin mudah. Cukup bermodal telepon genggam, misalnya, hal itu bisa dilakukan. Bila butuh foto untuk diunggah, selfie memakai kamera di ponsel seperti Oppo F1 juga sudah akan menghasilkan gambar berkualitas setara kamera profesional.

Jadi, ayo semangat!!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com