Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Desain Maskot Asian Games, Kemenpora Gandeng Bekraf

Kompas.com - 12/02/2016, 18:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Media Center Kemenpora, Jakarta, pada Jumat (12/2/2016) pagi.

MoU ini terkait pengerjaan desain maskot dan tema Asian Games 2018 oleh pakar-pakar kreatif yang dikelola Bekraf.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf, mengatakan bahwa Asian Games merupakan bertaraf internasional sehingga Indonesia akan menjadi sorotan 2018. Karena itulah, strategi branding Asia sebagai penggerak dunia perlu menjadi landasan berpikir mendesain tema dan maskot Asian Games.

"Asia memiliki energi yang penuh optimisme dan menatap ke masa depan. Jadi tema Asian Games 2018 adalah The Energy of Asia. Energi yang mendorong dunia menuju masa depan," ujar Triawan seusai penandatanganan MoU.

"Energi Asia adalah energi yang kaya dan beragam, lahir dari kebudayaan luhur berusia ribuan tahun. Indonesia adalah energi Asia, bangsa yang masih muda dan penuh optimisme," ucapnya lagi.

Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir yang hadir dalam kesepakatan antara Kemenpora dengan Bekraf ini mengatakan, banyak persiapan yang harus dilakukan menuju Asian Games 2018.

"Jangan sampai persiapan berantakan. Master plan menjadi mutlak diselesaikan. Olympic Council of Asia (OCA) telah memberi tenggat waktu kepada kita. Ketika Instruksi Presiden (Inpres) selesai, maka penyusunan panitia harus cermat. Budgeting, marketing sales and department, dan team sports and venues adalah fokus yang kita persiapkan betul," kata Erick.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan sejak awal pihaknya mengakomodasi penuh semua kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam menyambut Asian Games.

"Semakin banyak yang membantu, semakin bagus. Ini adalah hajatan bersama. Kami menyambut gembira respons Bekraf terkait maskot Asian Games. Kemudian, anggaran Asian Games akan ditanggung oleh berbagai kementerian dan lembaga negara," ujar Menpora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com