Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Keselamatan, Pendukung Marquez Akan Absen pada GP Italia

Kompas.com - 12/01/2016, 20:35 WIB
KOMPAS.com - Kelompok pendukung Marc Marquez berencana untuk tidak hadir pada GP Italia di Sirkuit Mugello pada musim MotoGP 2016, dengan pertimbangan keselamatan.

"Kami sangat menyesal karena harus membuat keputusan ini, tetapi situsai saat ini sedang tidak bagus dan kondisinya sangat berbahaya," demikian tertulis dalam pernyataan mereka.

Keputusan ini merupakan buntut dari perselisihan antara Marquez dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) pada MotoGP 2015.

Rossi yang merupakan pahlawan bagi penggemar balap motor Italia menuduh Marquez dengan sengaja membantu Jorge Lorenzo menjadi juara dunia.

Perselisihan keduanya memuncak ketika terjadi senggolan yang menyebabkan jatuhnya Marquez pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Oktober lalu.

"Sayang sakali bahwa fans tidak bisa mendukung pebalap mereka tanpa merasa terancam, dilempari, dan bahkan diludahi. Dan sayanganya, kita sampai pada kondisi sekarang," demikian lanjutan pernyataan tersebut.

Labih jauh lagi, kelompok pendukung pebalap Repsol Honda tersebut mengaku bahwa sebenarnya ancaman tersebut sudah ada bahkan sebelum rivalitas Rossi dan Marquez memuncak pada musim lalu.

"Pada tahun sebelumnya, kami mendapatkan ancaman di Mugello dan Misano (San Marino), belum termasuk diludahi," tulis mereka.

"Sayang sekali bahwa ada fans, dari setiap pebalap, yang tidak mengerti bahwa rivalitas antara para pebalap tidak harus memunculkan konfrontasi antar-fans di tempat penonton," tulis mereka selanjutnya.

GP Italia 2016 rencananya akan berlangsung pada 20-22 Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com