Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto Dapat Suntikan Dana Tambahan

Kompas.com - 28/12/2015, 18:29 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Asa Rio Haryanto berlaga di ajang Formula 1 semakin mendekati kenyataan. Dia mendapat suntikan dana 5,2 juta euro untuk memenuhi persyaratan berlaga pada lomba balap tahun depan.

Rio membutuhkan dana sponsor sebesar 15 juta euro (sekitar Rp 231 miliar) untuk tampil di Formula 1 bersama tim balap asal Inggris, Manor. Sejauh ini, manajemen Rio sudah mengantongi dana bantuan sekitar 5 juta euro dari Pertamina.

"Kami terus membantu persiapan Rio menuju F1. Terbaru, BUMN telah memberi bantuan 5,2 juta euro setelah Pertamina membantu 5 juta euro," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (28/12/2015).

"Kami akan terus berkomunikasi dan mencari bantuan kepada pengusaha, tetapi karena akhir tahun banyak pengusaha yang libur sehingga belum bisa ditemui," ujarnya.

"Meskipun Rio akan memperkuat tim Manor, jangan dianggap sebagai kelas tiga. Tetapi, ini menjadi potensi ke depan supaya Indonesia bisa menggelar F1 karena kita sudah memiliki pebalapnya," ucap Imam.

Pihak Rio, seperti dijelaskan Deputi V Kemenpora Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Olahraga Gatot S Dewabroto, sudah menandatangani kontrak dengan Manor melalui pihak manajemennya, Kiki Sport.

Selain itu, Kemenpora juga akan memberi dukungan dana kepada Rio.

"Kewajiban pemerintah nantinya akan membantu membayar 30-40 persen. Semoga dana dari Kemenpora segera turun," ucap Gatot.

Adapun sistem pembayaran yang dilakukan Kemenpora akan melalui tiga tahap.

"Pembayaran pertama akan dikeluarkan tiga minggu setelah penandatanganan kontrak dengan Manor," ucap Gatot.

"Pembayaran kedua, dilakukan dua minggu setelah Rio turun ke lapangan (Maret), kemudian pembayaran ketiga akan dibahas lebih lanjut lagi di Kemenpora. Yang terpenting, 2016 proses pembayarannya sudah selesai semua," tuturnya lagi. (Delia Mustikasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com